Aceh Jaya Rawan Karhutla, 1 hari 4 titik Kebakaran

  • Whatsapp
Lokasi kebakaran hutan di Desa Patek Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya (3/3/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh– Kekeringan yang melanda Wilayah Aceh Jaya mengakibatkan rentan terjadi kebakaran. Badan Penangulangan Bencana Kabupaten (BPBK) Aceh Jaya pada Selasa 03 Maret 2020 menangani 4 titik kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) dalam satu Hari.

Menurut Informasi yang di terima 4 titik kebakaran di wilayah Aceh Jaya yaitu, Desa Patek, Kecamatan Darul Hikmah terjadi sekitar pukul 14.12 Wib dan Gunung di Cincrang Desa Lhok Geulumpang, Kecamatan Setia Bakti terjadi kebakaran sekitar 14.20 Wib

Kemudian Dua Desa lainnya Desa Kuta Tuha, Kecamatan Panga terjadi kebakaran sekitar pukul 15.12 Wib membakar luas lahan sekitar 1 Hektar dan Desa Babah Ngom, Kecamatan Darul Hikmah Pukul 18.00 Wib api berhasil di padamkan sekitar 1 Jam kemudian.

Hingga kini belum diketahui pasti terjadi nya Karhutla di beberapa wilayah tersebut. namun dugaan sementara akibat sisa puntung rokok.
Dalam kejadian tersebut tidak ada korban jiwa.

Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya, Destian Yurisfan menyampaikan, pencegahan perluasan kebakaran dengan mengerahkan 1 unit damkar pos Calang dan pemadaman juga dibantu oleh masyarakat, TNI/POLRI, serta unsur Relawan PB lainnya.

“Api telah berhasil dipadamkan sekira pukul 15.12 Wib di Gunung Cincrang Desa Lhok Geulumpang,” katanya.

Menurut, Destian Yurisfan kebakaran di wilayah Desa Patek kemungkinan di bakar oleh seseorang yang mengalami gangguan jiwa.

“Belum di ketahui pasti namum kuat dugaan di bakar oleh seseorang yang memiliki gangguan jiwa,” Katanya lagi. (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI