Masker Mulai Langka di Kawasan Aceh Jaya

  • Whatsapp
Ilustrasi langkanya masker (Foto: Datuk Haris Molana/detikcom)

Calang | republikaceh– Pasca Presiden Jokowi mengumumkan adanya warga Indonesia yang terjangkit virus corona atau COVID-19 membuat permintaan masker melonjak tajam, sehingga sejak 2 pekan terakhir beberapa Apotek di Kawasan Calang, Kabupaten Aceh Jaya kekosongan stok masker.

Informasi dihimpun republikaceh.com, Sabtu, (7/3/2020) ke beberapa apotek di kawasan Calang, kelangkaan masker sudah sejak dua minggu terkahir, Akibat permintaan masker yang melonjak tinggi sehingga beberapa apotek mulai kehabisan stok Masker sekali pakai.

Adi, (29), salah satu petugas Apotik Restu Ibu, beralamat di Jalan Ali Gunong, kawasan Calang mengatakan, permintaan masker sejak dua minggu terakhir melonjak tajam setelah merebaknya isu Virus Corona beberapa waktu lalu.

“Sama sales pun kita beli tidak ada lagi, karna permintaan di tiap wilayah melonjak tinggi sampai sekarang belum ada pasokan masker masuk ke wilayah Calang,” terangnya.

Menurutnya, pasca isu corona tersebar di wilayah indonesia, banyak masyarakat wilayah sekitar Calang membeli masker.

“Sebelum isu tersebut, permintaan masker kebanyakan adalah orang pekerja pemangkas rambut dan orang yang perjalanan jauh saja, tapi sekarang banyak dari kalangan masyarakat biasa pun ikut membeli masker,” lanjut Adi.

Adi menerangkan jika Soal harga tidak ada peningkatan harga jual masih normal.

“per boxnya Rp 28.000 rupiah, namun sejak permintaan masker tinggi, kami menjualnya secara eceran saja dengan harga Rp 1.000 ribu saja. Penjualan pun di batasi, maksimal 5 lembar masker perorang, karna takut tidak kebagian sama yang lain, kan sayang kalau tidak kebagian,” ungkap Adi.

Sementara itu, tambahnya, Dinas Kesehatan masih banyak persedian stok masker tapi hanya di peruntukkan bagi orang sakit saja, tidak untuk di perjual belikan.

“Memang aturan nya seperti itu, kemarin juga Preseden Jokowi mengatakan pemakaian masker untuk orang sakit agar tidak mudah terinfeksi sama yang lain.” Pungkasnya. (Mahlil)

REKOMENDASI