Sosok Almarhum Abon Kota Fajar Dimata Syech Fadhil

  • Whatsapp
Almarhum Teungku H. Hasbi Nyak Diwa, (Kiri) atau lebih dikenal dengan sebutan Abon Kota Fajar semasa hidupnya saat bersama Syeh Fadhil (Foto/Ist)

Tapaktuan | republikaceh –Almarhum Teungku H. Hasbi Nyak Diwa, atau lebih dikenal dengan sebutan Abon Kota Fajar, yang tutup usia pada hari Selasa 28 Januari 2020, pukul 01.05 WIB. Pada umur 77 tahun, adalah sosok ulama kharismatik dan panutan masyarakat Aceh. Beliau adalah Pimpinan Dayah Darurrahmah Kota Fajar, Kabupaten Aceh Selatan.

Senator asal Aceh, Syech Fadhil Rahmi, LC saat bertakziah ke rumah Almarhum Abon Kota Fajar, Sabtu malam (7/3/20) mengungkapkan rasa kehilangannya terhadap sosok ulama karismatik tersebut.

“Saya sangat merasa kehilangan, semoga kedepan Aceh Selatan memiliki pengganti peran beliau dan syiar Islam di bumi Tapaktuan tak akan pernah padam,” ungkap Syech Fadhil.

Pada kesempatan itu, Syeh Fadhil juga mengungkapkan keinginannya untuk mengunjungi rumah duka sudah lama, namun baru terwujud sekarang, karena memang waktu itu dirinya sedang tugas diluar Aceh.

“Nah, pas mumpung sedang di Aceh, ya harus segera ke rumah duka, walaupun jarak dari Kutacane ke Kota Fajar agak jauh” ujarnya.

Perjalanan menuju rumah duka dilaksanakan oleh senator  usai melaksanakan reses di wilayah Gayo dan Alas. Dari Kutacane berangkat sabtu pagi 7 Maret 2020, melalui Sidikalang hingga Subulussalam dan tiba ke Aceh Selatan sore harinya, “Isya Allah sekarang kita sudah tiba di rumah duka,” kata Syech Fadhil. (Zaman Huri)

REKOMENDASI