30 Hektar Hutan Gambut di Perbatasan Aceh Jaya – Aceh Barat Terbakar

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB beserta pihak kepolisian sedang memantau lokasi kebakaran, Selasa (10/3/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Kebakaran lahan gambut di perbatasan Aceh Jaya dan Aceh Barat tepatnya di Kayee lhon Desa Lueng Gayo Kecamatan Teunom Kabupaten Aceh Jaya kini terus meluas hingga lebih kurang 30 hektare.

Petugas Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya, Destian Yurisfan, saat ini seluruh tim terus berusaha melakukan pemadaman api di lapangan baik TNI dan Polri tim dari Pemkab Aceh Jaya serta sejumlah masyarakat setempat.

“BPBK Aceh Jaya melakukan pemadaman dengan cara manual serta mengerahkan 2 unit pompa apung, 1 unit mesin robin dan untuk antisipasi 1 unit Damkar Pos Teunom,” Ungkap Destian, Selasa (10/3/2020).

Tim, lanjutnya, saat ini tidak bisa bekerja maksimal, berharap turunnya hujan dikarenakan keterbatasan alat savety yang memadai, serta selang tidak terjangkau ke titik-titik api.

“untuk kondisi saat ini, api yang membentuk gumpalan asap masih belum berhasil dipadamkan karena situasi tidak memungkinkan serta arah angin yang mengganggu tim dalam berkerja.,” terang Destian

Hingga saat ini, tambahnya, belum diketahui pasti penyebab kebakaran lahan gambut tersebut.

“Penyebabnya belum diketahui pasti, kekeringan yang melanda di beberapa wilayah dalam Kabupaten Aceh Jaya menjadi faktor utama lahan kering rentan terbakar,” ungkap Risfan. (Redaksi)

REKOMENDASI