Terkait Kebakaran 30 Hektar Lahan Gambut, Polres Aceh Jaya Periksa 4 Saksi

  • Whatsapp
Api sedang membakar lahan gambut di perbatasan Aceh Jaya – Aceh Barat, Selasa (10/3/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Polres Aceh Jaya memeriksa empat saksi terkait kebakaran lahan gambut di daerah perbatasan Aceh Barat – Aceh Jaya tepatnya di wilayah Kayee Lhon, Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Aceh Jaya yang terjadi sejak Senin (9/3/2020) kemarin.

“Saat ini, kita sedang periksa 4 orang untuk dimintai keterangannya sebagai saksi terkait kebakaran lahan ini,” ungkap Kapolres Aceh Jaya, AKBP Harlan Amir, kepada republikaceh.com, Selasa (10/3/2020) di Calang.

Dirinya menerangkan, Keempat orang tersebut, terdiri dari satu orang pemilik lahan atas nama Adnan, warga Meulaboh dan tiga lagi merupakan pekerjanya.

“Masih kita lakukan pendalaman dan belum ada tersangkanya,” pungkas Harlan.

Sementara itu, Petugas Pusdalops-PB BPBK Aceh Jaya, Destian Yurisfan, mengungkapkan BPBK Aceh Jaya di bantu personil TNI dan Polri masih melakukan upaya pemadaman.

“Dari 30 hektar lahan yang terbakar, api di 24 hektar lahan sudah berhasil dipadamkan dan sisanya masih dalam upaya pemadaman,” ungkap Destian

Saat ini, lanjutnya, Hujan mulai mengguyur lokasi lahan terbakar dan ini sangat membantu pihaknya melakukan pemadaman api.

“BPBK Aceh Jaya mengerahkan 3 unit pompa apung, 1 unit mesin Robin, 5 unit damkar, 1 unit mobil tangki air dan dan dibantu dari Dinas PUPR, dengan mengerahkan 2 unit Beco dan 1 Unit water canon dari Polri serta pemadaman juga dibantu oleh masyarakat, TNI/POLRI, Polhut, Satpol PP, Dinas PUPR, Rapi dan Tagana,” tutup Desatian. (Redaksi)

REKOMENDASI