Tinjau Lokasi Kebakaran, Dandim Aceh Jaya Ajak Semua Pihak Jaga Alam

  • Whatsapp
Dandim Czi Arief Hidayat bersama prajurit meninjau langsung lokasi kebaran lahan gambut di Kaye Lhoen Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom. Rabu (11/3/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat meninjau langsung lokasi kebaran hutan dan lahan (Karhutla) di kawasan kayee Lhoen Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom, Kabupaten Aceh Jaya. Rabu (11/3/2020).

Dandim mengajak semua pihak di Kabupaten Aceh Jaya sama – sama menjaga lingkungan agar tidak menimbulkan kebakaran hutan dan lahan (Karhutla) ini terulang kembali.

“Kebakaran di kawasan Kaye Lhoen sudah mencapai 30 Hektar, kabaran tersebut terluas pada tahun 2020 ini.” Katanya.

Himbauan ini disampaikan saat Dandim meninjau langsung kondisi lahan gambut yang mengalami kebakaran.

” Saudara – saudaraku sekalian jangan lagi membakar hutan, nanti alam marah, ” kata Dandim.

Hingga saat ini, kebakaran lahan gambut di kawasan Kayee Lhoen  Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom masih belum padam seluruhnya. Asap tebal masih keluar dari dalam lahan gambut yang sudah terbakar sejak beberapa hari lalu ini.

“Jika kita jaga alam maka alam akan menjaga kita, sebaliknya jika kita membakar hutan maka hutan akan membakar kita,” tambah Dandim mengingatkan.

Hujan deras sempat mengguyur wilayah Kabupaten Aceh Jaya Rabu malam namun tidak turun di lokasi kebakaran lahan gambut. Namun personil TNI, Polri, BPBK, dan unsur relawan lainnya serta masyarakat terus melakulan upaya pemadaman di lokasi.(Zahlul Akbar)

REKOMENDASI