Bermodal Dana Desa, Para Pemuda di Pidie Jaya Kembangkan Usaha ini

  • Whatsapp
Babinsa bersama pengelola sedang meninjau lokasi budidaya ikan lele milik para pemuda Desa Pulo U Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya, Selasa (2/5/2020) (Foto/Ist)

Meureudu | republikaceh – Pemuda Desa Pulo U Kecamatan Meureudu Kabupaten Pidie Jaya telah mengembangkan usaha budidaya ikan lele sejak tahun 2019 yang lalu.

Kegiatan ini didukung sepenuhnya oleh Kepala Desa setempat, dengan memberikan bantuan yang bersumber dari dana desa sebagai modal usaha.

BACA JUGA

Para pemuda desa ini berinisiatif memanfaatkan lahan kosong sebagai lokasi kegiatan usaha budidaya ikan lele.

Mereka membuat kolam terpal berukuran 2,5 x 5 m sebanyak 5 unit. Kelima unit kolam terpal ini berdiri di atas tanah adat milik desa seluas 500 m2 yang dikerjakan secara bergotong royong. Sementara sumber air diperoleh dari saluran irigasi yang berada tepat di samping lahan tersebut.

Ketua Pemuda Desa Pulo U, Tgk Irfandi saat dijumpai republikaceh.com, Selasa (02/06/2020) menyatakan bahwa kegiatan ini berhasil dilakukan berkat kekompakan dan dukungan penuh pihak pemerintahan desa.

“Kami sangat berterima kasih kepada Kepala dan tetua desa, mereka mendukung penuh kegiatan kami ini.” ujarnya singkat

Penjelasan juga disampaikan oleh Ayi, seorang anggota kelompok pemuda yang sangat aktif dalam kegiatan ini.

Ayi mengungkapkan, saat ini sebagian ikan yang mereka budidayakan siap untuk dipanen.

“Kami sedang mencari pedagang yang siap menampung untuk luar daerah Pidie Jaya,” demikian penuturannya.

Ayi mewakili anggota yang lain juga mengharapkan agar ke depan bisa mendapatkan akses bantuan peralatan dan modal usaha dari pemerintah daerah maupun pemerintah pusat.

Sehingga, kegiatan usaha ini dapat terus dikembangkan dan menjadi salah satu motor penggerak kreatifitas ekonomi pemuda desa tersebut.

“Harapan tentu adanya alat, seperti mesin air, pakan ikan dan tempat yang memadai. Dengan begitu, banyak keringanan dalam mengembangkan usaha ini menjadi lebih baik” pungkas Ayi.

Saat diwawancarai, Kepala Desa Pulo U, Abdussamad kepada republikaceh.com menyampaikan, akan terus memperhatikan setiap kegiatan para pemuda desanya.

“Yang penting mereka berpikir positif, berkreasi, dan produktif. Semuanya akan kami dukung penuh,” ujarnya singkat.

Sementara itu, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie Jaya, Burhanuddin SP melalui Kepala Bidang Perikanan Darat, Teuku Yulius yang dimintai tanggapannya, Selasa (02/06/2020) mengungkapkan sangat mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Kita patut berbangga dengan para pemuda yang punya kreatifitas memanfaatkan lahan semacam itu. Semoga kegiatan mereka menjadi contoh bagi para pemuda di desa lain,” ujarnya.

Terkait harapan adanya bantuan dari pemerintah, pihak Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Pidie Jaya mengarahkan supaya dapat diusulkan melaui Musrenbang Desa yang kemudian diteruskan ke musrenbang kecamatan dan kabupaten.

“salah satu mekanismenya, seperti itu,” tutupnya (Husaini Ismail)

REKOMENDASI