Tingkatkan Hubungan Komando dan Staf, Kodim 0107 Aceh Selatan Gelar Latihan Posko I

  • Whatsapp
Personil TNI dari jajaran Kodim 0107/Aceh Selatan saat mengikuti latihan Posko I di Makodim setempat, Selasa (16/6/2020) (Foto/Ist)

Tapaktuan | republikaceh –  Kodim 0107 Aceh Selatan mengelar Latihan Posko I, di Makodim Desa Lhok Bengkuang Timur, Kecamatan Tapaktuan, Kabupaten setempat. Selasa (16/06/2020).

Kegiatan tersebut bertujuan untuk memelihara dan meningkatkan kemampuan prosedur hubungan kerja Komandan dan staf

BACA JUGA

Acara yang dibuka oleh Danrem 012/Teuku Umar, Kolonel Inf Aswardi, SE yang diwakili oleh Kasi Ops Rem 012/Teuku Umar Letkol Inf Dimar Bahtera, S. Sos, M.A.P.

Pembukaan Latposko I Kodim 0107/Aceh Selatan ini juga di hadiri oleh Pa Ahli Kodam IM Bidang OMSP Kolonel Arm Ery Revlisa, Kasdim 0107/Asel serta para Perwira jajaran Korem 012/TU.

Dalam amanat Danrem 012/TU yang di bacakan oleh Kasi Ops Korem 012/TU yang dibacakan mengatakan, pelaksanaan latihan posko I Tahun 2020 ini mempersiapkan dan melaksanakan operasi khusus komando pengendalian operasi latihan.

“Pelatihan ini juga sekaligus menjadi standar penilaian bagi komando untuk menilai tingkat kemampuan satuan dihadapkan dengan tantangan tugas kedepan, di mana kesiapan satuan senantiasa dituntut baik pada tugas operasi militer untuk perang maupun tugas operasi militer selain perang.” kata Kasi Ops dalam membacakan amanat tersebut.

Lebih lanjut, masih dalam amanat yang dibacakan Kasi Ops, kesiapan satuan akan terwujud manakala satuan tersebut selalu mengasah kemampuannya dengan cara belajar dan berlatih secara terprogram teratur dan terukur yang dilaksanakan secara bertahap bertingkat dan berlanjut.

“Mengingat secara geografis wilayah pantai barat selatan Provinsi Aceh dengan posisi dan kontur geografis yang sangat berpotensi terhadap kemungkinan terjadinya bencana alam baik skala besar maupun skala kecil.” tuturnya.

Oleh karena itu, latihan Posko 1 Kodim 0107/Aceh Selatan ini dititik beratkan kepada kepada materi bantuan TNI kepada pemerintah daerah dalam penanggulangan bencana alam Karhutla terutama dalam hal pengarahan-pengarahan unsur TNI.

Tugas yang diemban oleh Kodim sebagai komando kewilayahan dalam menjamin terpeliharanya situasi yang kondusif bagi penyelenggara pertahanan negara maupun kepentingan pembangunan nasional daerah memerlukan kinerja yang proporsional dalam rangka menciptakan menciptakan ruang alat dan kondisi juang yang tangguh yang kondusif bagi terselenggaranya tugas pokok.

“Saya berharap Kodim 0107/Aceh Selatan sebagai satuan kewilayahan selalu meningkatkan intensitas komunikasi dan bersinergi dengan satuan dan instansi terkait lainnya dengan cara selalu bertukar informasi dan sehingga akan mempersempit ruang gerak elemen-elemen tertentu yang ingin menghancurkan situasi dan mendapatkan keuntungan bagi kepentingan kelompok” harapnya.

Kemudian, Kasi Ops juga menekankan kepada Kodim 0107/Aceh Selatan untuk terus meningkatakan hubungan yang harmonis antar instansi. Yang selama ini telah terbina dengan baik dalam keadaaan seperti ini kita tetap mengikuti prosedur dan anjuran protokol Kesehatan.

Hal ini harus selalu dipertahankan dan ditingkatkan sehingga kita mampu mengatasi berbagai kendala di wilayah ini secara bersama-sama.

“Saya berpesan kepada para pelaku, laksanakan kegiatan Latihan ini dengan penuh kesungguhan rasa tanggung jawab dan suasana yang komunikatif, ambil manfaat yang sebesar-besarnya dalam latihan ini.” pesannya.

Ia menambahkan, Kesalahan yang diperbuat dalam latihan ini adalah dijadikan sebagai pengalaman dan pelajaran yang berharga sehingga kesalahan yang serupa tidak akan terulang dalam pelaksanaan operasi bantuan penanggulangan bencana yang sebenarnya. (Zulfandi)

REKOMENDASI