Tiga Nelayan Aceh Selatan yang Hilang Ditemukan Selamat

  • Whatsapp
Tiga korban yang di laporkan hilang telah ditemukan selamat, Selasa (16/6/2020) (Foto/Ist)

Tapaktuan | republikaceh – Tiga nelayan, warga Desa Pasie Seubadeh, Kecamatan Bakongan Timur, Aceh Selatan yang dilaporkan hilang di laut Senin (15/6/2020), akhirnya ditemukan dalam kondisi selamat, Selasa (16/6/2020) sekira pukul 21.30 WIB.

Ketua Satgas SAR Aceh Selatan, Mayfendri SE kepada wartawan mengatakan, ketiga korban tersebut ditemukan oleh nelayan dengan menggunakan boat pancing di laut lepas sejauh 20 mil.

BACA JUGA

“Ketiga korban ditemukan setelah sempat hilang kontak karena boat yang mereka gunakan untuk mencari ikan mengalami rusak mesin,” katanya.

Saat ditemukan, lanjut Mayfendri, ketiga nelayan tersebut dalam kondisi lemas karena bekal makanan yang mereka bawa telah habis sejak Senin.

Awal penemuan, berdasarkan laporan Kepala Desa Seubadeh, TM Nazmin, salah satu korban sempat menghubungi keluarganya dengan telepon seluler memberitahukan posisi mereka.

“Sekarang ketiga korban telah kembali dengan selamat,” kata Mayfendri.

Diberitakan sebelumnya, tiga orang nelayan Gampong Seubadeh, atas nama Anwar (45), Kamaruzaman (42), dan Hilmi (44) dilaporkan hilang di laut saat mencari ikan.

Berdasarkan informasi, ketiga nelayan yang menggunakan boat robin tersebut pergi melaut pada Senin (15/6/ 2020) pukul 01.00 WIB, dini hari. Biasanya mereka pulang pada siang harinya. Namun hingga sore, mereka belum juga kembali dari melaut.

Atas laporan tersebut, Selasa (16/6/2020), tim gabungan terdiri dari Satgas SAR Aceh Selatan, BPBD, Pos TNI AL Tapaktuan (Lanal Seumeulu), unsur Muspika Bakongan Timur, dan masyarakat setempat melakukan pencarian terhadap korban.

Pencarian terhadap korban juga dibantu Basarnas Pos Meulaboh, Aceh Barat yang tiba di TPI Pasie Seubadeh pada malam harinya. Rencananya, pencarian tersebut akan dilakukan pada pagi, Rabu (17/6/2020) karena kondisi cuaca tidak mendukung. (Zulfandi)

REKOMENDASI