Diberi Nama “Ida”, Harimau Sumatra Kembali Kehabitatnya

  • Whatsapp
Ida, seekor harimau sumatra yang dilepasliarkan ke Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan, Sabtu (20/06/2020) (Foto/Ist)

Tapaktuan | republikaceh – Seekor Harimau Sumatera (Panthera tigris sumatrae) akhirnya dilepasliarkan kembali ke habitatnya di Kawasan Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan, Sabtu (20/6/2020) sekitar pukul, 09.00 Wib yang sebelumnya masuk perangkap BKSDA Aceh.

Harimau tersebut sengaja di tangkap oleh tim BKSDA Aceh karena sempat meresahkan warga Desa Jamboe Dalem Kecamatan Trumon Timur, Aceh Selatan.

BACA JUGA

Kepala Resort Konservasi Wilayah 15 Tapaktuan, Wirli mengatakan, Harimau Sumatera tersebut berjenis kelamin betina dewasa dengan perkiraan usia 5 – 6 tahun dan panjang badan mulai kepala hingga ekor sekitar 2 meter.

Sebelumnya, Harimau Sumatera ini telah menjalani observasi kesehatan di CRU (Counservation Respon Unit), Desa Naca Kecamatan Trumon Tengah, Aceh Selatan.

Ida, harimau sumatra keluar dari kringkeng
saat dilepasliarkan di Taman Nasional Gunung Leuser, Aceh Selatan, Sabtu (20/06/2020) (Foto/Ist)

Sesudah dinyatakan sehat oleh Tim Kesehatan Satwa Liar BKSDA ACEH dan FKL (Forum Konservasi Leuser), maka selanjutnya hewan lindung tersebut dilepasliarkan kembali ke habitat aslinya di Kawasan TN. Gunung Leuser.

“Translokasi Harimau Sumatera ini di gelar bersama BKSDA ACEH, BBTNGL, WCS – IP, FKL, POLRI dan Pers,” ujarnya

Dirinya menjelasakan, Harimau ini diangkut menggunakan perahu motor cepat (Speedboat) dengan waktu tempuh perjalanan dari desa terdekat ke kawasan TN. Gunung Leuser adalah 4 – 5 Jam.

“Begitu pintu kerangkeng satwa dibuka, Harimau Sumatera yang diberi nama IDA oleh BKSDA Aceh ini sempat diam beberapa detik dan kemudian melompat cepat ke dalam hutan”

“Terimaksih kepada seluruh pihak yang telah berperan aktif membantu menyelamatkan Harimau Sumatera tersebut kembali ke habitatnya.” ujar Wirli. (Zulfandi)

REKOMENDASI