Sambut Pilkada Serentak, KIP Abdya Usulkan Anggaran 37 Milyar

  • Whatsapp
Plt Sekretaris KIP Abdya, Mahrizal, SE saat memberikan keterangan diruang kerjanya tentang usulan anggaran menyambut Pilkada Serentak, Selasa (14/7/2020) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh – Komisi Independen Pemilihan (KIP) Kabupaten Aceh Barat Daya berencana mengusulkan anggaran sebesar Rp 37 miliar untuk menyukseskan berbagai tahapan pelaksanaan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) pada tahun 2022 mendatang di wilayah tersebut.

“Rencana usulan anggaran sebesar Rp 37 miliar lebih ini sebagai bentuk kesiapan KIP Abdya apabila pilkada serentak dilaksanakan pada tahun 2022 mendatang,” ujar Plt Sekretaris KIP Kabupaten Abdya, Mahrizal, SE saat ditemuai di ruang kerjanya, Selasa (14/7/2020).

BACA JUGA

Dirinya menjelaskan, draft perencanaan anggaran Pilkada Aceh Barat Daya saat ini sudah selesai disusun dan juga memastikan seluruh kebutuhan pelaksanaan pesta demokrasi lima tahunan tersebut terakomodir dengan baik.

“Hal ini sesuai dengan arahan KIP Aceh dalam rapat koordinasi kesiapan anggaran Pilkada 2022 dengan KIP Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 9 Juni lalu di Banda Aceh,” jelas Mahrizal

Usulan itu, lanjutnya, sudah diajukan kepada pemerintah Abdya dan DPRK agar dapat diakomodir dalam rancangan kebijakan umum Anggaran dan Prioritas Plafon Anggaran Sementara ( KUA-PPAS ) tahun 2021.

“Anggaran itu nantinya akan digunakan untuk membiayai setiap tahapan yang dimulai pada Juni 2021 mendatang,” tambah Mahrizal

Namun demikian, Mahrizal menerangkan, besaran angka anggaran tersebut masih usulan bersifat rancangan.

“jika berujuk pada pelaksanaan Pilkada tahun 2017 lalu, total besaran alokasi anggaran berkisar Rp 23 Milyar. Artinya, ada kenaikan sekitar 36,77 persen bila dibandingkan dengan rencana usulan pembiayaan pelaksanaan Pilkada tahun 2022 mendatang,” tutupnya. (Mustafa)

REKOMENDASI