Penyebab Aktifitas Perekaman E-KTP di Disdukcapil Abdya Lumpuh Total

  • Whatsapp
Kepala Dukcapil Abdya, Rajul Asmar, saat dimintai keterangan diruang kerjanya, Sabtu (18/7) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh – Server milik Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Aceh Barat Daya (Abdya) rusak sejak beberapa hari terakhir. Sehingga seluruh aktifitas surat menyurat dan perekaman E-KTP serta pembuatan Kartu Keluarga (KK) juga administrasi lumpuh total.

Kepala Disdukcapil Abdya, Rajul Asmar yang dikonfirmasi Sabtu (18/7/2020) membenarkan, bahwa server atau perangkat mengalami kerusakan, sehingga pelayanan kepada masyarakat jadi lumpuh total.

BACA JUGA

“Ya benar, server kita mengalami kerusakan pada Senin hingga Selasa, tapi sekarang sudah normal lagi,” kata Rajul, Sabtu (18/7/2020) di Blangpidie.

Meskipun sudah normal kembali, kata Rajul, namun kinerja server tersebut kinerjanya masih lamban dikarnakan termakan usia.

“Server ini sudah tua sehingga sangat layak di untuk ganti dan sudah sering juga kita servis,” ujarnya.

Rencananya akhir pekan ini akan diperbaiki lagi. Namun mengingat hari tersebut listrik mati didaerah Abdya jadi pihaknya mengurungkan niat tersebut.

“Sabtu hingga Minggu disini mati lampu, jadi tidak bisa kita kerja. Terpaksa Senin depan kita lakukan perbaikan, serta memberi pengunguman kepada masyarakat yang hendak mengurus surat menyurat,” sebutnya.

Disebutkan Rajul, bahwa permasalahan server ini sudah kita sampaikan kepada pimpinan (Bupati).

“Jalan Keluarnya memang harus di ganti dan alhamdulillah ini sudah di acc oleh Bupati Akmal Ibrahim,” pungkasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI