Bupati Akmal Resmikan Pembangunan Masjid Muhammadyah Manggeng

  • Whatsapp

 

Bupati Abdya, Akmal ibrahim, SH didampingi Kapolres Abdya AKBP M Nasution,SIK saat melakukan perletakan batu pertama di Masjid At-Taqwa Muhammadyah Manggeng, Minggu (26/7/2020) (Foto/Mustafa)

angpidie | republikaceh – Bupati Aceh Barat Daya (Abdya), Akmal Ibrahim, SH meresmikan pembangunan Masjid At-Taqwa Muhammadiyah Manggeng, Kecamatan Manggeng, Kabupaten Setempat. Minggu (26/7/2020).

BACA JUGA

Dalam kesempatan itu Bupati Akmal Ibrahim diberikan kesempatan untuk meletakan batu pertama sebagai tanda di mulainya pembangunan.

Akmal menyampaikan, terwujudnya masyarakat Abdya yang religius dan sejahreta, tidak lepas dari peran Masjid sebagai salah satu media dakwah. Hal itu untuk mendekatkan masyarakat pada nilai-nilai islami serta menjaga kerukunan umat, termasuk dalam upaya peningkatan SDM.

Selain itu, Akmal juga berharap menjadikan masjid sebagai tempat silaturahmi dan ruang diskusi, dan memperdalam ilmu agama.

“Saya berharap dan mengajak semua pihak, menjadikan masjid selain sebagai tempat ibadah, juga untuk silaturahmi, tukar pendapat dan tukar pikiran, serta bisa menjadi tempat memperdalam ilmu agama,” ujar Akmal Ibrahim Bupati Abdya kepada republikaceh.net, Minggu (26/7/2020).

Karena itu, lanjut Akmal, banyak masyarakat dan pengurus masjid menganggap, masjid hanya tempat shalat semata. Sehingga saat malam hari dan waktu shalat isya selesai, maka masjid kembali ditutup.

“Akibatnya masjid akan sepi, dan diisi oleh jamaah itu-itu saja,” kata Akmal.

Menurut Akmal, kejadian banyaknya masjid ditutup pada malam hari di Abdya, pernah dikeluhkan oleh Danrem 012/ Teuku Umar.

Saat itu, Danrem 012/Teuku Umar ingin melaksanakan shalat tahajud, akibat banyaknya masjid tertutup pada malam hari tersebut, beliau harus mencari masjid yang terbuka, guna melaksanakan shalat sepertiga malam setelah terjaga dari tidur tersebut.

“Pasca kejadian itu, saya minta kepada pengurus Masjid Agung, agar masjid itu harus dibuka 24 jam, sehingga masyarakat bisa melaksanakan ibadah kapan saja, saat berkunjung ke Abdya, termasuk pada malam hari,” pintanya.

Dalam acara tersebut turut dihadir, Kapolres Abdya, AKBP Muhammad Nasution SIK, anggota DPRK Abdya, Julinardi, para pengurus Muhammadiyah Abdya, dan para pejabat lainnya. (Mustafa)

REKOMENDASI