Hari Kedua Operasi Patuh Seulawah, Satlantas Abdya Tilang Puluhan Kendaran

  • Whatsapp
Kasatlantas Abdya, Iptu Fitriadi saat memeriksa salah satu pengendaraan, Sabtu (25/7/2020) (Foto/Mustafa)

Blangpidie | republikaceh – Hari kedua pelaksanaan Operasi Patuh Seulawah tahun 2020, anggota Satlantas Polres Aceh Barat Daya (Abdya) menggelar razia di kawasan Simpang Bank BPD Aceh, Kecamatan Blangpidie. mulai pukul 8.00 – 12.00 WIB.

Informasi yang dihimpun Republikaceh.net, dalam pelaksanaan  razia di hari ke dua tersebut sebanyak 52 unit kendaraan berhasil ditilang baik roda dua maupun roda empat.

BACA JUGA

Kasat Lantas Abdya, Iptu Fitriadi SH, menyebutkan, Operasi patuh seulawah tahun 2020 ini bertujuan untuk mengurangi angka kecelakaan bagi pengendara dijalan raya.

“Tujuannya itu, kita tidak ingin warga kita jatuh dijalan saat berkendaraan, apalagi sampai hilang nyawa,”kata Iptu Fitriadi, Sabtu (25/7/2020) seusai pelaksanaan razia hari kedua di kota blangpidie.

Ditambahkannya, dalam operasi itu difokuskan pada sasaran awal bagi kendaraan roda dua yaitu yang tidak menggunakan helm, kemudian SIM dan STNK serta berbonceng tiga dan melawan arus.

“Sedangkan untuk kendaraam roda empat dan enam sasaran awal kita adalah sabuk pengaman dan surat kelengkapan lainnya,”ucap Kasat.

Kapolres Abdya, AKBP M Nasution,SIK melalui Kasat Lantas mengatakan, hari pertama pergelaran razia kemarin pihaknya berhasil menilang sembilan kendaraan jenis roda dua yang melanggar.

“Pelanggarnya tidak menggunakan helm dua orang, SIM dua orang, STNK enam unit, kendaraan I dan lain-lain tujuh macam (seperti tidak ada spion),”ujarnya.

Sedangkan untuk hari kedua, kata Iptu Fitriadi, dalam kurun waktu dua jam operasi tersebut pihaknya berhasil menilang 18 pelangaran yaitu kendaraan roda dua 13 unit, Mobil barang 3 unit dan mobil penumpang 2 unit dengan rincian, helm 6, roda dua yang tidak lengkap surat-surat 7 unit dan mobil tidak lengkap 2 unit dan tidak memakai seftibel 3 unit.

“Dalam operasi ini waktu razia atau jam turun kelapangan kita berbeda-beda dan titiknyapun berpindah-pindah, bisa jadi hari bisa jadi malam kami razia ini,”terangnya.

Seain itu, Kata dia, untuk tingkat kepatuhan bagi pengendara kendaraan saat ini jika dibandingkan dengan tahun lalu sudah meningkat.

“Kita berpatokan pada angka kecelakaan, dimana dalam tahun ini angka kecelakaan sudah mulai berkurang,” ucapnya.

Ditambahkan, untuk hari minggu besok pihaknya tidak melakukan razia di satu titik akan tetapi dilakukan hanting alias patroli di jalan raya.

“Bagi siapa yang melanggar seperti melawan arus, tidak menggunakan helm serta tidak menggunakan seftibel maka itu yang kita ditilang,” pungkasnya. (Mustafa)

REKOMENDASI