Pasien Reaktif COVID-19 di Aceh Jaya dirujuk ke RSUDZA Banda Aceh

  • Whatsapp
Ruang IGD Rumah Sakit Umum Daerah Teuku Umar Calang, Rabu (29/7/2020) (Foto/Mahlil)

Calang | republikaceh – Seorang warga Kecamatan Panga, Kabupaten Aceh Jaya dilaporkan reaktif COVID-19 telah dirujuk ke Rumah Sakit Zainal Abidin Banda Aceh, Rabu (29/7/2020)

Sebelumnya, Pasien tersebut terlebih dahulu mendapat perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Teuku Umar Calang.

BACA JUGA

Direktur RSUD Teuku Umar Calang, dr. Eka Rahmayuli saat dikonfirmasi republikaceh.net membenarkan perihal tersebut.

“Iya benar, setelah dilakukan screening dan rapid test, pasien berinisial Nyonya N (47) yang dirujuk dari Pukesmas Panga hasilnya reaktif COVID-19,” ungkapnya.

Dirinya menerangkan, Sebelumnya Pasien tersebut mengalami gejala sesak nafas, demam, batuk. Untuk riwayat lain, anaknya baru pulang dari pulau jawa sekitar dua minggu yang lalu.

“Petugas yang sempat kontak langsung dengan pasien telah kita lakukan karantina dan rapid test. Ruangan IGD dimana tempat dirawat pasien telah di semprot cairan disinfektan guna mencegah penularan” ujarnya.

Saat ini, lanjutnya, Untuk sementara Waktu ruangan IGD Rumah Sakit Umum Teuku Umar ditutup sekitar 12 jam, setelah di nyatakan aman, ruangan baru di buka kembali seperti biasa.

Langkah selanjutnya, saat ini sudah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan dan Puskesmas dalam Aceh Jaya agar sementara waktu tidak melakukan rujukan pasien ke RSUD

“Sedangkan untuk 20 orang yang pernah kontak langsung dengan pasien akan dilakukan karantina di RSUD Teuku Umar Calang,” pungkasnya (Mahlil)

REKOMENDASI