Gorong-Gorong di Kaki Gunung Lhok Batee Kecamatan Darul Hikmah Tidak Efektif

  • Whatsapp
Usmad ID alis Pang Man, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya saat berada dilokasi kecelakaan, Minggu Malam (16/8/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Satu unit truk bermuatan kelapa sawit mengalami kecelakaan di kaki gunung lhok batee, Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah, Aceh Jaya, Minggu malam (16/8/2020)

Kecelakaan terjadi diperkirakan pada pukul 11.30 WIB. Kondisi jalan yang rusak parah dikawasan tersebut mengakibatkan mobil oleng dan masuk ke lubang hingga terjatuh.

BACA JUGA

Tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut, namun diperkirakan mengalami kerugian materil.

Satu unit truk pengangkut kelapa sawit mengalami kecelakaan di kaki gunung lhok batee, Desa Blang Dalam Kecamatan Darul Hikmah, Minggu (16/8/2020) (Foto/Ist)

Menanggapi adanya kecelakaan tersebut, Usmad ID alis Pang Man, Anggota Dewan Perwakilan Rakyat Kabupaten (DPRK) Aceh Jaya kepada republikaceh.com mengungkapkan jika dirinya meminta kepala Dinas PUPR kabupaten setempat untuk segera membangun jalan lintas Kecamatan Darul Hikmah tersebut.

Menurutnya, Dinas PUPR Aceh Jaya perlu melakukan evaluasi kembali atas mamfaat telah dibangunnya box jalan tersebut, bukan hanya sekedar menyelesaikan pekerjaan saja.

Menurutnya, Pasca dibuatnya gorong-gorong di kaki gunung lhok batee oleh Dinas PUPR Aceh Jaya, kondisi jalan di lokasi tersebut bukan menjadi bagus, namun semakin bertambah parah.

Seharusnya, lanjut Pang Man, di situ (Kaki gunung Lhok Batee) bukan gorong-gorong yang lebih tepat di bangun tapi melainkan box besar. Sehingga, di saat hujan, jalan tersebut tidak lagi digenangi air yang mengakibatkan jalan rusak.

“Kalau gorong-gorong akan tersumbat kembali oleh tanah yang dibawa oleh air. Sehingga, bangunan tidak bermamfaat seperti kondisi saat ini,” ujar Pang Man.

Saat ini, tambahnya, Kondisi jalan lintas Kecamatan tersebut di kawasan kaki gunung lhok batee telah rusak parah dan telah mengakibatkan kecelakaan bagi pengguna jalan.

“Malam ini saja, telah terjadi kecelakaan dimana satu unit truk pengangkut kelapa sawit terjatuh pas dimana gorong tersebut dibangun,” terang Pang Man

Dirinya menekankan agar Dinas PUPR Aceh Jaya untuk segera mencari solusi cepat menyelesaikan persoalan tersebut agar tidak terjadi kecelakaan bagi warga di lokasi tersebut.

Pasalnya, jalan tersebut merupakan satu-satunya jalan masuk ke Kecamatan Darul Hikmah dan akses bagi warga setempat melakukan aktifitas dalam mencari rezeki.

Selain itu, jalan tersebut juga akses bagi para tenaga medis saat melakukan rujukan bagi orang sakit dan juga akses warga menuju pusat kecamatan, maka sudah selayaknya dibangun lebih baik, bukan asal jadi.

“kita mendesak dinas terkait harus segera turun melihat kondisi ini, jangan sampai menunggu kembali jatuhnya korban baru bertindak, karena yang dirugikan adalah para warga,” pungkasnya.

Hingga berita ini diturunkan, republikaceh.net belum berhasil menghubungi dinas terkait untuk melakukan konfirmasi. (Red)

REKOMENDASI