Maba Prodi Ekonomi UIN Ar Raniry Dilaksanakan Secara Virtual

  • Whatsapp
Mahasiswa baru Prodi Ilmu Ekonomi UIN Ar Raniry sedang mengikuti Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2020 secara virtual, Kamis (1/10/2020) (Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh – Himpunan Mahasiswa Prodi Ilmu Ekonomi UIN Ar Raniry melaksanakan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) 2020 secara virtual.

Berbeda dari tahun sebelumnya, PBAK tahun ini dilaksanakan secara virtual menggunakan aplikasi Zoom berskala besar yang di berikan oleh pihak ICT UIN Ar-Raniry, Kamis (1/10/2020).

BACA JUGA

Kegiatan ini di buka oleh Ketua Prodi Ilmu Ekonomi Bapak Dr. Muhammad Adnan, SE., M.Si dan turut serta Sekretaris Prodi Ibu Marwiyati, SE., MM beserta dosen.

Koordinator pelaksana, Muhammad Rahul Afila S.P mengatakan, dari total 148 mahasiswa baru yg dinyatakan lulus, 80 diantaranya mengikuti kegiatan tersebut.

Menurutnya, ada berbagai kendala yang menyebabkan beberapa mahasiswa tidak mengikuti PBAK sampai saat ini.

“Ada beberapa mahasiswa yang terkendala di registrasi, ada yang belum bayar UKT dan sebagainya,” jelasnya saat menghubungi republikaceh.net, Kamis malam.

Ketua Himpunan Mahasiswa Ilmu Ekonomi, Muliadi mengatakan, ada beberapa langkah yang dilakukan dalam menginventarisir semua mahasiswa peserta PBAK.

“Maba kita data dan kita masukan di grup whatsapp, yang mana grup ini adalah tempat penyampaian informasi. Jadi, jauh hari sebelum PBAK, kita sudah memback up maba agar nantinya gampang untuk menginformasikan hal2 penting,” terangnya.

Meskipun secara daring, peserta PBAK harus mengikuti seluruh kegiatan dengan tertib dan kondusif. Setiap peserta wajib mengikuti peraturan halnya model pakaian, etika berkomunikasi, dan aturan-aturan yang dibuat panitia.

Sementara itu, Luqman, salah satu peserta PBAK mengaku belum bisa menyesuaikan dengan pelaksanaan PBAK ini. Ia merasa kesulitan mengenai jaringan internet yang kurang memadai.

“Butuh tenaga ekstra dan harus sabar menunggu. Kesal juga saat tiba-tiba kuota habis saat mendengar penyampaian materi dari prodi maupun panitia,” paparnya.

Kegiatan PBAK Prodi di tutup dengan sesi Sharing Mode yang di isi Surya Darma SE, mantan Ketua HMP Ilmu Ekonomi 2017 dan Ketua DEMA FEBI 2019, Noval Abizal, Sekjend DEMA FEBI 2017 & Sekjend SEMA Uin Ar-Raniry, Lutfi Ari Suhandana SE Wakil Ketua HMP Ilmu Ekonomi 2019 & Ketua Ksei Golden, mereka adalaj Alumni dan Senior di Prodi Ilmu Ekonomi. (Rahul)

REKOMENDASI