STAIN Meulaboh Laksanakan PBAK Secara Virtual

  • Whatsapp
Panitia penyelenggara PBAK STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh, Jum’at (2/10/2020) (Foto/Ist)

Meulaboh | republikaceh – Penyebaran virus Corona yang terjadi di Indonesia sangat berdampak pada berbagai aspek, salah satunya dari segi pendidikan. Proses Belajar Mengajar (PBM) yang biasa dilakukam secara tatap muka, kali ini dialihakan menjadi daring (online).

Hal tersebut tentunya berdampak juga pada program kerja (proker) dimasing-masing lembaga pendidikan. Salah satunya di Sekolah Tinggi Agama Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh, jika dari tahun ketahun kegiatan Pengenalan Budaya Akademik dan Kemahasiswaan (PBAK) dilakukan secara tatap muka, namun untuk tahun 2020 terpaksa dilakukan secara daring.

BACA JUGA

“Iya kita terpaksa melakukan kegiatan PBAK ini secara daring, karena mencegah penyebaran virus corona. Media yang digunakan untuk PBAK online melalui Via Zoom,” kata Dr. Erizar, M.Ed. Ketua Satgas Covid-19 STAIN Meulaboh. Jumat, (2/10/2020)

Dr. Erizar menyebutkan, jumlah mahasiswa baru yang mengikuti kegitan PBAK secara daring sebanyak 256 orang yang terdiri dari 12 Prodi yang ada di STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Kegiatan akan berlangsung selama dua hari, mulai tanggal 1-2 Oktober 2020

“Sekitar tiga ratusan mahasiswa yang ikut PBAK, itu dari Aceh dan ada juga dari luar Aceh,” ujarnya Erizar yang juga sebagai penanggungjawab pelaksanaan PBAK tahun ini.

Ia berharap, seluruh mahasiswa baru dapat bersama sama membangun kampus dengan senantiasa membawa harum almamater kampus dimanapun mereka berada.

“Mereka juga harus memiliki rasa bangga sebagai mahasiswa STAIN Meulaboh yang Insya Allah sebentar lagi akan berubah bentuk menjadi IAIN,” imbuhnya Erizar, yang menjabat sebagai Wakil Ketua III Bidang Kemahasiswaan dan Kerjasama.

Sementara itu, Direktur Pendidikan Tinggi Keagamaan Islam (PTKI) Kementrian Agama Republik Indonesia, Prof. Dr. Suyitno, M.Ag mengatakan dalam penyampaian materinya yang berjudul “Intefrasi Moderasi Beragama Dalam Pendidikan Islam” Kedudukan mahasiswa dinilai sangat strategis dalam pengembangan moderasi beragama karena mempunyai sifat idealis-populis.

“Mahasiswa punya cacatan historis yang penting, juga sebagai laboratorium leadership dan memproduksi pemikiran, ide, gagasan sekaligus dapat menjadi pemegang otoritas keagamaan yg moderat,” kata Prof. Dr. Suyitno, M.Ag

Ia menyebutkan, Memang dalam perjalanan pendidkan Islam tentu dihadapkan pada tantangan modernitas kelembagaan, lulusan yg berkualitas, peningkatan mutu kelembagaan dan perkembangan pemikiran Islam.

“Maka kerangka konseptualnya yang harus diperkuat adalah literasi keagamaan, cara pandang yang moderat, relasi keagamaan yang baik dan lain-lain,” pungkasnya

Ketua STAIN Meulaboh, Dr. Inayatillah, M.Ag dalam sambutannya mengucapkan selamat datang dan selamat bergabung bagi mahasiswa baru Islam Negeri (STAIN) Teungku Dirundeng Meulaboh. Ia menyebutkan, dimasa pandemi Covid-19 ini mau tidak mau kita dituntut untuk menguasai skill baru yang berupa kolaborasi antara kecakapan digital dan kecakapan intelektual.

Ia menuturkan, Generasi muda adalah harapan masa depan bangsa yang harus tetap menjaga sopan santun dan tingkah lakunya serta dapat memilah banjirnya arus informasi yang beredar di dunia digital.

“Tidak mudah terprovokasi dengan informasi yang dapat menimbulkan perpecahan,” ujarnya

Selain itu, generasi muda menjadi agen perubahan yang memberikan perubahan dan generasi muda yang aktif, kreatif dan inovatif.

“Di tengah perubahan yang semakin cepat, generasi muda dituntut menjadi generasi yang memiliki kreasi dan inovasi yang dapat bermanfaat bagi masyarakat,” terang Inayatillah.

Zulyadi Miska, S.Ag selaku Ketua pelaksana menyampaikan, Banyak hal-hal penting yang bisa kita sampaikan kepada adik-adik Mahasiswa Baru (maba).

“Meskipun dengan segala dinamika yang kita hadapi, namun partisipasi maba cukup tinggi, full 2 hari online tanpa jeda lama.” Ujarnya

Miska juga menyampaikan ribuan terima kasih kepada Ketua STAIN Meulaboh, para Wakil Ketua, para Kepala Jurusan dan para pemateri semua serta seluruh civitas akademika yang telah mendukung terselenggaranya PBAK 2020 secara virtual ini.

“Terimakasih untuk adik-adik SEMA, DEMA, UKM, UKK STAIN Teungku Dirundeng Meulaboh. Terkhusus kepada seluruh panitia yang telah bekerja keras selama 2 hari dan hari-hari sebelumnya demi terlaksananya kegiatan PBAK tahun ini. (Mahlil)

REKOMENDASI