Manyat Korban Pembunuhan di Aceh Timur Ditemukan, Polisi Bekuk Tersangka

  • Whatsapp

Pelaku pemerkosaan dan pembunuhan ( Tidak mengenakan Baju) di Aceh Timur saat di tangkap pihak kepolisian, Minggu (11/10/2020) (Foto/Ist)

Langsa | republikaceh – Pelaku pembunuhan dan pemerkosaan terjadi di Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Sabtu (10/10/2020) kemarin. Pelaku yakni seorang pria berinisial S akhirnya ditangkap, Minggu (11/10/2020).

Informasi yang dihimpun, pelaku ditangkap setelah tim gabungan yang terdiri dari TNI-Polri serta masyarakat melakukan pencarian terhadap korban pembunuhan yakni R (9).

Selain mencari keberadaan korban, tim gabungan juga mencari keberadaan pelaku yang langsung kabur setelah melakukan perbuatan kejinya kemarin dengan membawa jasad R.

Sejak kemarin, tim gabungan ini dibentuk dengan menjadi dua bagian, dimana sebagian tim mencari keberadaan jasad korban dan sebagian tim lainnya mencari keberadaan tersangka S.

Ini dilakukan karena masyarakat merasa resah dengan peristiwa keji tersebut dan berharap pelaku dapat segera ditangkap serta korban segera ditemukan.

Masih berdasarkan informasi yang diterima, tersangka S sendiri ditangkap di semak-semak belakang rumah warga, dimana saat itu ia sedang bersembunyi di bawah pohon besar dengan memegang sebilah pedang.

Ia pun tak berkutik saat tim gabungan menangkapnya.

Kapolres Langsa, AKBP Giyarto melalui Kabag Ops, AKP Dheni Firmandika yang dikonfirmasi melalui pesan singkat Whatsapp pun membenarkan hal ini.

“Alhamdulillah sudah bang,” ujar singkat mantan Kapolsek Kuta Alam Polresta Banda Aceh dan Kasat Intelkam Polres Aceh Utara ini.

Hal yang sama juga dibenarkan oleh Kasat Reskrim, Iptu Arief S Wibowo yang dikonfirmasi terpisah. “Udah bang,” kata Kasat Reskrim.

Kapolsek Birem Bayeun, Iptu Eko Hadianto juga membenarkan hal itu. Kini pelaku telah diamankan di Mapolres Langsa untuk menjalani pemeriksaan.

“Siap bang, iya bang,” kata Kapolsek singkat secara terpisah saat dikonfirmasi.

Kronologis

Sebelumnya peristiwa pemerkosaan disertai pembunuhan terjadi di wilayah Gampong Alue Gadeng, Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Sabtu (10/10/2020) pagi.

Diketahui, pelaku pemerkosaan dan pembunuhan itu diketahui berinisial S (36) yang merupakan seorang pengangguran.

Sementara, korban pemerkosaan adalah seorang ibu muda berinisial D (28) dan korban pembunuhan berinisial R (9) yang tak lain adalah anak dari korban D sendiri.

Informasi yang dihimpun, kejadian itu terjadi sekitar pukul 00.00 WIB dinihari yang mana pelaku tiba-tiba masuk ke dalam rumah korban sehingga korban terbangun dan berteriak minta tolong.

Para warga dan tim SAR serta TNI/Polri menemukan jasad korban pembunuhan di kawasan sungai di Desa Alue Gadeng Kecamatan Birem Bayeun, Aceh Timur, Minggu (11/10/2020) (Foto/Ist)

Karena lokasi rumah korban berada jauh dari pemukiman warga, permintaan tolong korban pun tak dapat terdengar oleh warga sekitar.

Korban D disekap di rumahnya, tiba-tiba sang anak yakni R terbangun dan berteriak melihat hal itu dan berusaha melawan pelaku. Namun, pelaku nekat membacok R berkali-kali hingga meninggal dunia. Mirisnya, jasad korban pun dimasukkan ke dalam karung.

Korban D dan anaknya R dibawa pelaku jauh ke dalam perkebunan sawit di pinggir sungai. Jasad R di buang, sementara korban D diperkosa oleh pelaku yang kemudian melarikan diri.

Jasad Korban Ditemukan

Tim gabungan TNI-Polri beserta SAR dan masyarakat Aceh Timur yang mencari keberadaan jasad bocah korban pembacokan di Kecamatan Birem Bayeun kemarin membuahkan hasil.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Minggu (11/10/2020) sore, jasad R ditemukan tak jauh dari rumahnya sekitar pukul 15.50 WIB tadi.

Sebelumnya, tersangka S yang telah memperkosa D dan membacok R ditangkap di area semak di belakang rumah warga saat bersembunyi di bawah pohon besar.

Saat ditangkap, ia dalam keadaan setengah telanjang yang hanya mengenakan celana jins biru. Pria keji itu juga memegang senjata tajam jenis pedang (samurai) saat ditangkap petugas.

Ia sempat melakukan perlawanan saat ditangkap, hingga petugas terpaksa melepaskan tembakan peringatan ke udara agar ia menyerahkan diri. Saat diinterogasi tentang keberadaan korban R yang diduga dibunuhnya, ia pun bungkam tak menjawab.

Lalu tim gabungan melakukan penyisiran lokasi di sekitaran sungai yang tak jauh dari rumah korban untuk pencarian jenazah R hingga akhirnya sekira pukul 15.50 WIB petugas menemukan jenazah R di sungai tak jauh dari lokasi kejadian.

Kapolres Langsa, AKBP Giyarto melalui Kapolsek Birem Bayeun, Iptu Eko Hadianto saat dikonfirmasi Minggu sore membenarkan bahwa jenazah korban R telah ditemukan di sungai.

“Alhamdulillah berkat kerjasama seluruh tim dan doa dari masyarakat, akhirnya tim yang terdiri dari TNI-Polri, SAR dan masyarakat jenazah korban ditemukan, saat ini telah dibawa ke RSUD Langsa,” katanya. (A)

 

banner 728x90 banner 728x90 banner 728x90

Related posts