HMI Cabang Meulaboh Minta Polres Batubara Bebaskan Arwan dan Aktivis Mahasiswa

  • Whatsapp
Jumiadi Ketua Umum HMI Cabang Meulaboh (Foto/Ist)

Meulaboh | republikaceh – Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) Cabang Meulaboh merespon kabar penangkapan Arwan Syahputra, Ketua HMI Komisariat Universitas Malikusaleh yang menjadi Korlap aksi Penolakan UU Cipta Kerja atau Omnibus Law dan Aktivis Mahasiswa lainnya di Kantor DPRD Batu bara, Sumatra Utara pada 12 Oktober 2020 lalu.

” Arwan bukan provokator tapi ia pelopor perjuangan, semestinya kita bangga masih ada orang seperti dia yang siap pasang badan untuk masyarakat Indonesia, kami meminta Polres Batubara segera membebaskan arwan dan Aktivis mahasiswa lainnya.” kata Jumiadi Ketua Umum HMI Cabang Meulaboh kepada republikaceh.net, Kamis (22/10/2020).

BACA JUGA

Menurutnya, aksi yang di komandoi oleh Arwan merupakan bentuk keterwakilan serta keterpijakan dari seluruh elemen masyarakat dan buruh yang merespon terhadap di sahkan Undang-undang cipta kerja.

” Jika Arwan tidak dipulangkan, maka para kader HMI se-Indonesia akan menjemputnya ke Polres Batubara. Selain itu, kericuhan bukan satu-satunya dasar bagi aparat untuk mengamankan para demonstran.” ucapnya.

Berdasarkan instruksi BADKO HMI Aceh, dirinya bersama pengurus HMI Cabang Meulaboh terus melakukan kajian kritis terhadap masalah Penangkapan Arwan oleh Yurisdiksi Polres Batubara.

” sesuai dengan himbauan BADKO HMI Aceh, kami terus rapatkan barisan untuk bersama-sama menjaga perkembangan bangsa Indonesia dari berbagai praktik penindasan.” pungkasnya.

Diberitakan sebelumnya, tanggal 12 Oktober 2020 telah terjadi aksi demonstrasi tolak UU omnibus law ” Cipta kerja ” di Kantor DPRD batubara, Sumatra Utara yang di ikuti oleh elemen masyarakat, buruh, mahasiswa, dan pelajar. Sebelumnya aksi berjalan damai, kemudian ada Provokator yang melempar batu ke arah gedung DPRD batubara sehingga mengenai kepala Kasat Sabhara Polres Batubara, hingga terjadi Cheos yang membuat para demonstran juga ikut terluka.

Arwan Syahputra yang menjadi korlap aksi merupakan Mahasiswa Hukum Tatanegara angkatan 2017 Fakultas Hukum Universitas Malikussaleh, juga merupakan Ketua HMI Komisariat Hukum Unimal terpilih Cabang Lhokseumawe – Aceh Utara di “amankan” oleh Yurisdiksi Polres Batubara pada tanggal 20 Oktober 2020 pukul 13:28 WIB. (Mahlil)

REKOMENDASI