JMW Ajak MES Aceh Jaya Bina Petani Sarang Burung Walet

  • Whatsapp
Direktur Jasa Mutiara Walet, Idris bersama Ketua MES Aceh Jaya, Muslim Arais saat mengelar pertemuan di Kantor Camat Krueng Sabee, Jum’at (13/11/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Jasa Mutiara Walet (JMW) mengelar pertemuan dengan Ketua Masyarakat Ekonomi Syariah (MES) Kabupaten Aceh Jaya. Dalam pertemuan tersebut, direktur utama JMW, Idris membicarakan langkah strategis pembinaan petani sarang burung walet agar bisa berhasil dan produksinya mencapai hasil sempurna.

Sebab, selama ini kebanyakan petani yang sudah lama memproduksi masih banyak kesalahan tatacara dalam membudidaya tempat sarang walet sehingga hasil kurang maksimal.

BACA JUGA

” misalnya di saat kita membeli dan masuk ke dalam gedung-gedung sarang walet masih banyak kita temukan sarang walet hasilnya belum sempurna, kerena kebanyakan petani prinsipnya asal sudah jadi cukup, Sebenarnya bukan seperti itu sarang burung walet ada yang bentuk bangkok, sudut, dan patahan.” kata Idris Direktur JMW kepada republikaceh.net, Jum’at (13/11/2020). Seusai pertemuan di Kantor Camat Krueng Sabee.

Selain itu, Idris juga berharap pihak MES Aceh Jaya bisa memberikan pandangan yang lebih luas untuk mengajak masyarakat membudidayakan sarang burung walet.

” mari sama-sama membenahi masyarakat dan dengan dukungan yang paling besar dari MES Aceh Jaya dalam mengajak masyarakat memanfaatkan peluang investasi sangat baik kedepan dan kita juga mengharapkan pihak MES bisa membantu JMW agar bisa mengeluarkan surat izin atau ISO agar hasil produksi sarang walet dari petani bisa di ekspor langsung tanpa harus melalui agen lagi,” harapnya.

Dirinya juga mengungkapkan, banyak petani sarang burung walet di Aceh Jaya maupun di daerah lain ditemukan sarang burung walet diantaranya bentuk bangkok I, bangkok II, patahan, dan Oval.

” Selama ini JMW sudah menfasilitasi sebanyak 32 gedung walet mulai dari banda Aceh sanpai kota Fajar, dalam jangka 2 tahun mareka sudah berhasil,” tuturnya.

Sementara itu, Ketua MES Aceh Jaya Muslim Arais mengatakan, sarang walet merupakan potensi yang sangat mejanjikan apalagi di wilayah Kecamatan Krueng Sabee banyak gedung yang terbengkalai namun apabila di manfaatkan menjadi salah satu peluang investasi yang sangat baik kedepannya.

” ini merupakan salah satu peluang investasi yang sangat menjanjikan terutama bagi masyatakat dan pihak MES Akan mengupayakan merekomendasikan surat Izin ISO,” ujarnya. (Mahlil)

REKOMENDASI