Sekolah di Aceh Jaya Sulap Dapur Jadi Rumah Burung Walet

  • Whatsapp
Para pekerja sedang menyiapkan Rumah Burung Walet (RBW) di Sekolah SMP Negeri 3 Panga, Jumat (20/11/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Sekolah SMP Negeri 3 Panga Kabupaten Aceh Jaya membedah Dapur guru menjadikan sebagai tempat budidaya sarang Burung Walet.

Sebab, di area sekolah tersebut memiliki populasi Walet yang sangat potensial, sehingga pihak Komite sekolah Menggandeng Jasa Mutiara Walet atau JMW dalam pendampingan membudidayakan usahanya.

BACA JUGA

” mengingat di area sekolah memiliki potensi populasi walet yang sangat potensial. Kami pihak Komite sekolah mengandeng JMW sebagai pembinaan maupun pendampingan dalam mengelola budidaya sarang walet sampai berhasil.” Kata Dra. Fauziah, Kepala SMP Negeri 3 Panga. Jumat (20/11/2020).

Fauziah menuturkan, diri sangat mendukung penuh terhadap pembuatan rumah sarang walet. Dan kamar kecil di ruang kepala sekolah turut dijadikan pintu masuk walet.

” Saya melihat usaha sarang walet hasil nya sangat menjanjikan, dan saya berharap ke depannya agar hasil produksi sarang burung walet putih di SMP Negeri 3 Panga bisa membantu kegiatan sekolah.” Ujarnya.

Dalam kesempatan yang sama, direktur JMW, Idris menjelaskan, bahwa ini merupakan contoh JMW bersinergi dengan komite SMP Negeri 3 Panga merenovasi dapur guru menjadi Rumah Burung Walet (RBW) layak huni, dan dalam jangka waktu 6 bulan sudah bisa dipanen.

” JMW berkontribusi dengan melibatkan 6 tenaga kerja, peralatan dan perlengkapan mulai dari sirip, besek, Twitter, ampli, SP, Parfum pemikat walet, dan obat- obatan anti jamur dan rayap, Total hibah JMW Rp 19.375.000.” kata Idris.

Idris berharap, agar ke depan guru-guru honor dan bakti, siswa-siswa kurang mampu, dan anak yatim bisa terbantu dengan hasil pendapatan dari produksi sarang Burung Walet.

Nantinya, kata Idris, rumah burung walet ini akan dikelola oleh Komite sekolah dan di dampingi JMW dalam pengelolaannya untuk menghasilkan produksi sarang burung walet putih yang sempurna.

” ke depan RBW ini akan dikelola oleh komite dan Pengawas sekolah dengan pendampingan sekaligus pembinaan dari JMW sampai berhasil.” Tutup nya. (Mahlil)

REKOMENDASI