Setelah SMP, JMW Turut Bina SD N 3 Setia Bakti Budidaya Sarang Walet

  • Whatsapp
Penangkaran sarang walet (Foto/Bengkuluexpres.com)

Calang | republikaceh – Setelah SMP Negeri 3 Panga, kini Sekolah Dasar (SD) Negeri 3 Setia Bakti turut mengandeng Jasa Mutiara Walet (JMW) dalam membina usaha Rumah Burung Walet (RBW) yang selama ini hasil produksinya belum sempurna.

Kepala SD Negeri 3 Setia Bakti, Irmayanti menceritakan, bahwa usaha RBW di sekolah yang ia pimpin sudah berjalan selama 10 tahun. Namun selama ini belum memperoleh hasil yang sempurna.

BACA JUGA

” kami sudah membudidaya sarang walet sejak 2010 lalu, tetapi hasil produksinya belum sempurna,” kata Irmayanti, Kepada republikaceh.net, Sabtu (21/11/2020).

Lanjutnya, Setelah mendapat informasi dari pemberitaan terkait pembinaan budidaya burung walet, pihak sekolah mencoba mengajak JMW berkerjasama dengan komite SD Negeri 3 Setia Bakti dalam pembinaan tatacara kelola sarang walet.

” sebagai kepala sekolah sangat mendukung pihak komite SDN 3 Setia Bakti berkerjasama dengan JMW dalam pembinaan tatacara kelola sarang walet, dan ini merupakan peluang wirausaha sekolah, pendapatannya bisa digunakan menunjang kegiatan belajar mengajar kedepan,” katanya.

Selama ini, pihak komite sangat terkendala mengenai tatacara budidaya bahkan selama kurun waktu 10 tahun hanya beberapa kali panen dan harga jualnya murah karena hasil produksi tidak sempurna.

Irmayanti juga berharap, dengar hadirnya JMW dalam membina Rumah sarang walet bisa menjadi aset pendapatan sekolah dan hasilnya di manfaatkan untuk siswa kurang mampu dan anak yatim.

Sementara itu, Direktur JMW, Idris menyampaikan, bahwa dirinya siap dalam memberi pembinaan maupun pendampingan tatacara kelola rumah burung walet hingga berhasil.

” ini merupakan usaha yang sangat menjanjikan, tanpa mengeluarkan modal banyak dan hasilnya bisa di rasakan seumur hidup bahkan sampai anak cucu.” ucapnya.

Selain itu, dirinya juga siap memberikan pembinaan bagi masyarakat lainnya yang berkeinginan membuka usaha RBW ini hingga berhasil. (Mahlil)

REKOMENDASI