Peringati Hari Juang TNI-AD, Kodim Aceh Jaya Kumpulkan 111 Kantong Darah

  • Whatsapp
Sejumlah personil TNI dan Masyarakat sedang mendonorkan darahnya di makodim Aceh Jaya, Desa Bahagia, Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (8/12/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Kodim 0114/Aceh Jaya menyelenggarakan kegiatan Bakti Sosial berupa donor darah dan rapid test gratis di Makodim setempat, Desa Bahagia Kecamatan Krueng Sabee, Aceh Jaya, Selasa (08/12/2020).

Pelaksanaan kegiatan tersebut bekerja sama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Aceh Jaya dan PMI Kota Banda Aceh. Dan berhasil mengumpulkan darah sebanyak 111 kantong serta 40 orang mengikuti rapit test gratis.

BACA JUGA

Amatan republikaceh.net di lokasi, ratusan pendonor hadir dalam kegiatan kemanusiaan tersebut terdiri dari TNI/Polri, PNS dan masyarakat Kabupaten Aceh Jaya serta Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya, Letkol CZI Arief Hidayat turut menyumbangkan darahnya.

Dandim mengatakan, bahwa kegiatan donor darah ini dilakukan dalam rangka Hari Juang TNI-AD tahun 2020, Dandim juga berharap kegiatan seperti ini dapat terus dilaksanakan secara rutin untuk membantu memenuhi kebutuhan darah di PMI Kota Banda Aceh

“ Alhamdulillah untuk kesekian kalinya kita melakukan donor darah, namun untuk donor darah kali ini kita lakukan secara khusus untuk memperingati Hari Juang Kartika ( Hari Juang TNI AD). Kedepan kegiatan seperti ini akan kita laksanakan secara rutin untuk kepentingan masyarakat terutama untuk yang membutuhkan darah. Dalam kondisi COVID-19 saat ini bilamana rumah sakit membutuhkan terdapat ketersediaan stok darah yang mencukupi,” kata Dandim.

Dandim juga menjelaskan bahwa pihaknya menyelenggarakan rapid test yang dibantu oleh TNI AD dengan menerapkan Protokol Kesehatan dan meyakinkan tidak ada peserta donor yang terpapar COVID-19.

“ Kita mendapatkan dukungan rapid test dari TNI AD, kegiatan rapid test ini kita laksanakan di sela-sela kegiatan donor darah untuk memastikan kegiatan donor darah ini tetap menerapkan Protokol Kesehatan dan menyakinkan tidak ada diantara kita yang terpapar COVID-19,” jelas Dandim.

Sementara itu, Sekretaris PMI Kota Banda Aceh, Didi yang turut hadir dalam kegiatan donor darah menyampaikan bahwa darah yang terkumpul mencapai 111 kantong. Mewakili PMI Banda Aceh dirinya mengucapkan terima kasih atas kerja sama ini dan berharap dapat dilanjutkan dimasa mendatang.

“ Pada hari ini kita telah mengumpulkan 111 kantong dari pendonor, hasil yang kita dapatkan hari ini sangat maksimal dan luar biasa berkat partisipasi Dandim Aceh Jaya dan jajaran serta relawan dan pendonor. Kami tidak dapat berbuat tanpa kerja sama yang baik ini. Kami dari PMI Kota Banda Aceh mengucapkan terima kasih kepada Kodim 0114/Aceh Jaya dan semoga kerja sama ini terus berlanjut,” ucap Didi.

Lebih lanjut Didi menyampaikan bahwa masyarakat dapat mencari info ketersediaan darah di PMI Kota Banda Aceh dengan menghubungi Call Center 08116815800. Selain itu, Didi juga membantah sejumlah isu yang menyebut PMI Kota Banda Aceh menjual darah pendonor.

“ Untuk mendapatkan informasi darah yang jelas silahkan menghubungi call canter 08116815800 . Karena masih ada masyarakat yang menduga PMI menjual darah, kami tidak pernah menjual darah. Walaupun dalam keadaan COVID-19 kita tetap memenuhi kebutuhan darah bagi pasien,” tutup Didi.

REKOMENDASI