1000 Hektar Sawah Bantuan COVID-19 di Aceh Jaya Menuai Hasil

  • Whatsapp
Para petani keteteran menjaga padi yang hampir panen dari serangan hama burung pipit di areal persawahan Desa Dayah Baro Kecamatan Krueng Sabee Aceh Jaya, Kamis (5/11/2020). Para petani juga menggunakan jaring dan kertas plastik digantung disekitaran tanaman padi sebagai upaya pengusiran hama burung pipit agar terhindar dari gagal panen. (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh – Kodim 0114/Aceh Jaya bekerjasama dengan Dinas Pertanian kabupaten setempat telah membantu seribu hektar lahan sawah untuk petani yang tersebar di 4 Kecamatan.

Sawah yang mendapat bantuan imbas COVID-19 di Kabupaten Aceh Jaya telah menuai hasil yang menggembirakan. Lahan tersebut berada diKecamatan Jaya, Indra Jaya, Darul Hikmah dan Setia Bakti dan hingga saat ini sebagian besar sudah selesai dipanen.

Komandan Kodim 0114/Aceh Jaya Letkol CZI Arief Hidayat, M.Han melalui Pasiter Kapten Inf Hendri Sanova Kamis (10/12/2020) mengatakan bahwa bantuan pemerintah untuk para petani di Aceh Jaya tersebut disalurkan sebagai upaya pemerintah untuk meningkatkan ketahanan pangan di tengah pandemi COVID-19 saat ini.

Sebagaimana diketahui bahwa sejak pertengahan tahun 2020 pemerintah telah menyalurkan bantuan kepada para petani berupa bajak sawah gratis, bibit hingga pupuk. Pada pelaksanaannya Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pertanian bekerja sama dengan Kodim 0114/Aceh Jaya

“Bantuan COVID-19 bagi petani ini dimulai sejak pertengahan tahun 2020 sebagai upaya meningkatkan ketahanan pangan. Ada tiga item bantuannya seperti bajak sawah gratis, bibit dan pupuk. Total luasnya seribu hektar sawah dan sebagian besar sudah selesai dipanen,” kata Sanova, Kamis (10/12/2020).

Seorang Personil TNI Kodim 0114/Aceh Jaya memantau proses panen padi sawah bantuan imbas COVID-19 di Desa Gunung Meunasah Kecamatan Setia Bakti, Senin ( 7/12/2020) (Foto/Ist)

Selanjutnya Sanova mengungkapkan bahwa sejak bantuan tersebut disalurkan hanya sebagian petani di Aceh Jaya yang mendapatkannya.

“Belum semua petani di Aceh Jaya mendapatkan bantuan ini, ” ungkap Sanova.

Sementara itu, Masrizal, ketua kelompok tani Harkat Meugo Desa Gunung Meunasah Kecamatan Setia Bakti, saat ditemui mengatakan, program bantuan COVID-19 sangat membantu petani dan berharap bantuan tersebut terus berlanjut dan lebih merata.

“Dengan adanya bantuan COVID-19 ini sangat membantu kami, mudah – mudahan masih berlanjut dan kelompok tani lainnya mendapatkan bantuan yang sama agar lebih merata. Terima kasih kepada Babinsa, Koramil dan seluruh yang terkait yang telah membantu dan mendampingi kami,” ujar Masrizal. (Mahlil)

REKOMENDASI