Penyaluran “Gampang” di Aceh Jaya Berakhir

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB memberikan sambutan pada kegiatan penyaluran program Gerakan Aceh Mandiri Pangan (GAMPANG) di Desa Lamteungoh Kecamatan Darul Hikmah, Kamis (10/12/2020) (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh – Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB menutup penyaluran bantuan Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang) di Kecamatan Darul Hikmah dan Sampoiniet, Aceh Jaya, Kamis (10/12/2020).

Semula, Bupati Aceh Jaya menyalurkan bantuan Gampang di Desa Lamteungoh Kecamatan Darul Hikmah. Selanjutnya dilanjutkan penyaluran di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet sebagai penutup.

BACA JUGA

Usai penyerahan, Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB kepada republikaceh.net mengungkapkan, Program Gampang telah disalurkan per Kepala Keluarga (KK) dengan jumlah penerima sebanyak 450 KK di 61 Desa dalam 9 Kecamatan.

“Hari ini, kami menyalurkan Gampang di Kecamatan Darul Hikmah dan terakhir di Kecamatan Sampoiniet. Penyerahan simbolis kita lakukan di Desa Kuala Ligan” ujarnya.

Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB memberikan sambutan pada kegiatan penyaluran Program Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang) di Desa Kuala Ligan Kecamatan Sampoiniet, Kamis (10/12/2020) (Foto/Zahlul Akbar)

Dirinya berharap, penerima program Gampang agar benar-benar memamfaatkan bantuan tersebut. Dirinya juga menjelaskan, bila program tersebut dijalankan dengan sungguh-sungguh, maka Aceh Jaya akan kelebihan pangan dan selebihnya bisa di pasok hingga keluar Aceh Jaya.

“Kita telah perintahkan Kadis Pangan untuk melakukan evaluasi secara berkala, memastikan tenaga Penyuluh Pertanian Lapangan (PPL) melakukan pendampingan agar program ini berjalan sebagai mana diharapkan” ungkap Bupati.

Kembali dirinya menekankan agar para penerima tidak menyalahgunakan bantuan tersebut. Selain bertujuan untuk meningkatkan sumber pendapat bagi penerima, program Gampang juga bertujuan untuk menekan pertumbuhan kasus Sunting di Aceh Jaya.

“Jika program ini berjalan, minimal warga akan mengkonsumsi sayuran segar, bernutrisi dan bergizi setiap hari. Nah, salah satu cara pencegahan sunting sejak dini dengan mengkonsumsi makanan yang mengandung banyak nutrisi” jelasnya.

“Oleh karena itu, kami mengharapkan agar para penerima tidak menyalahgunakan bantuan ini dan benar-benar diterapkan hingga berhasil” tutupnya. (Zahlul Akbar)

 

 

REKOMENDASI