Polres Pidie Amankan Lima Tersangka dan Belasan Motor Temuan

  • Whatsapp
Sejumlah motor yang diamankan Satreskrim  Polres Pidie (Foto/Ist)

Sigli | republikaceh – Selama Operasi Sikat Seulawah 2020, Sat Reskrim Polres Pidie menangkap lima orang pelaku pencurian dengan kekerasan (curas) dan pencuri kendaraan bermotor (curanmor).

Tak hanya itu, petugas juga mengamankan sejumlah barang bukti yang diantaranya terdiri dari belasan unit motor, dimana 10 unit diantaranya merupakan motor temuan.

BACA JUGA

Hal ini diungkapkan Kapolres Pidie, AKBP Zulhir Destrian melalui Kasat Reskrim, Iptu Ferdian Chandra, Kamis (10/12/2020) sore.

Kasat mengatakan, Operasi Sikat Seulawah ini dilakukan sejak 18 November hingga 7 Desember kemarin sesuai dengan Surat Perintah Kapolres Pidie.

“Sasarannya adalah pelaku pencurian, pelaku yang turut serta membantu, penadah dan lainnya,” ujar Kasat.

Selama operasi, empat tersangka curas yakni WD (23), BUS (24), AR (22) serta RA (21) yang merupakan warga asal Pidie, Aceh Utara dan Lhokseumawe. Mereka berempat merampok motor dan handphone milik korbannya di kawasan.

“Korban sempat dipukul sebelum harta bendanya dibawa kabur, setelah menerima laporan dan melakukan penyelidikan akhirnya para pelaku ditangkap, motifnya karena kebutuhan ekonomi, judi online dan narkoba,” jelas Kasat.

Keempat pelaku pun dijerat dengan Pasal 365 Ayat 1 dan Ayat 2 ke-1E dan ke-2E dengan ancaman hukuman paling lama dua belas tahun penjara.

Kemudian, seorang pelaku pencurian motor yakni HS (33) yang merupakan warga Pidie. Tersangka HS mencuri motor milik seorang pensiunan PNS beberapa waktu lalu.

Mantan Kasat Resnarkoba Polres Lhokseumawe ini juga mengungkapkan, pencurian motor korban terjadi saat dirinya sedang memancing. Pelaku beraksi cepat dan langsung membawa kabur motor korban.

“Berdasarkan penyelidikan pelaku ditangkap bersama barang bukti, motifnya karena kebutuhan ekonomi, pelaku dijerat Pasal 362 KUHP dengan ancaman hukuman penjara paling lama lima tahun,” ungkapnya.

Sebanyak 10 unit motor temuan berbagai jenis pun kini masih diamankan di Mapolres Pidie. Polisi mengimbau masyarakat yang merasa kehilangan motor agar datang ke Polres Pidie dengan membawa surat kepemilikan yang sah.

“Tidak dipungut biaya alias gratis, masyarakat dapat menunjukkan surat kepemilikan dan dapat mengambil kembali motornya,” tutup Ferdian. (A)

REKOMENDASI