Karena Sakit, Basarnas Evakuasi WNA Asal Filipina di Perairan Lhokseumawe

  • Whatsapp
Basarnas Aceh melakukan evakuasi medis terhadap seorang warga negara asing (WNA) di kawasan perairan Lhokseumawe, Sabtu (12/12/2020) (Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh – Basarnas Aceh melakukan evakuasi medis terhadap seorang warga negara asing (WNA) di kawasan perairan Lhokseumawe, Sabtu (12/12/2020) sore.

Kakansar Banda Aceh, Budiono mengungkapkan, ABK yang di evakuasi medis tersebut atas nama Harry Canauay Taplac (49), warga asal Filipina yang merupakan salah satu ABK kapal tangker asal Jepang bernama Fujisan Maru.

BACA JUGA

“Harry diketahui mengalami sakit pada bagian perut, demam, kulit dan mata yang menguning serta terasa dingin. Yang bersangkutan merupakan ABK atau kru kapal tangker Fujisan Maru asal Jepang dengan rute Jepang-Uni Emirat Arab,” ujar Kakansar.

Kakansar mengungkapkan, Evakuasi medis langsung dilakukan tim dari Pos Siaga SAR Bireuen usai menerima laporan tentang adanya WNA yang sakit dengan berkoordinasi bersama pihak terkait.

“Rencananya pihak kapal akan melakukan medevac (evakuasi medis) di Singapura, namun karena korban butuh penanganan medis cepat sehingga diputuskan untuk segera dievakuasi,” lanjutnya.

Tiba di pelabuhan, tim langsung membawa WNA tersebut langsung ke Rumah Sakit Umum Cut Meutia Lhokseumawe untuk mendapatkan tindakan lebih lanjut” tutupnya. (A)

REKOMENDASI