Bupati Aceh Jaya Serahkan 42 Rumah Layak Huni, Dua Diantaranya untuk Muallaf

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB di dampingi Dandim 0114/Aceh Jaya, Letkol Czi Arief Hidayat, M.Han saat menandatangani batu prasasti rumah layak huni saat melakukan penyerahan secara simbolis untuk fakir miskin di Kecamatan Pasie Raya, Selasa (15/12/2020) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh – Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB menyerahkan 38 unit rumah layak huni kepada warga fakir miskin, 2 unit untuk muallaf dan 2 unit rumah untuk guru dayah. Penyerahan secara simbolis dilakukan di Kecamatan Pasie Raya, Selasa (15/12/2020)

Saat dikonfirmasi, Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB kepada wartawan mengungkapkan, rumah tersebut dibangun melalui Baitul Mal Aceh Jaya untuk fakir miskin berdasarkan hasil peninjauan kelayakan di lapangan.

BACA JUGA

“Selain 38 unit untuk fakir miskin, rumah ini juga diberikan sebanyak 2 unit untuk muallaf dan 2 unit untuk guru dayah. Keseluruhan berjumlah 42 unit,” jelas bupati.

Dia menjelaskan, pembangunan rumah layak huni tersebut menghabiskan anggaran sebesar Rp3.276.000.000. Rumah tersebut telah dibangun di 9 kecamatan.

“Di Kecamatan Pasi raya, 5 unit. Kecamatan Teunom 3 unit, Kecamatan Panga 4 unit, Krueng Sabee 7 unit, Kecamatan Setia Bakti 5 unit, Kecamatan Darul Hikmah 4 unit, Kecamatan Sampoiniet 2 unit, Kecamatan Indra Jaya 4 unit dan di Kecamatan Jaya 4 unit” papar bupati.

Sementara itu, lanjutnya, rumah untuk muallaf di bangun di Desa Lueng Gayo, Kecamatan Teunom dan di Desa Tuwi Priya, Kecamatan Pasi Raya.

“Rumah guru dayah dibangun di Dayah BUDI Tanoh Manyang Teunom dan Dayah Al-Anshar Setia Bakti.” tambahnya.

Kembali Bupati menambahkan, pemerintah provinsi melalui Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Pemukiman (PERKIM) Aceh juga telah membangun rumah layak huni untuk warga Aceh Jaya menggunakan anggaran Dana Otsus Tahun 2020.

“Rumah di bangun melalui Dinas Perkim Aceh berjumlah 145 unit dan juga tersebar di 9 Kecamatan dan 1 Unit menggunakan APBK tahun 2020 di Desa Tuwi Kareng, Kecamatan Panga.” terang Bupati.

Dia berharap, bantuan rumah layak huni tersebut dapat menekan angka kemiskinan di Aceh Jaya. Dia mengungkapkan, sebagian warga lainnya juga telah di bantu melalui program Gerakan Aceh Mandiri Pangan (Gampang).

“Beberapa waktu lalu, kita telah bantu sebagian warga melalui program Gampang dan hari ini juga telah kita salurkan rumah layak huni. Intinya, program – program ini bertujuan untuk menekan angka kemiskinan di Aceh Jaya,” tutupnya. (Mahlil)

REKOMENDASI