Pemkab Aceh Jaya Bantu Kelompok UMKM

  • Whatsapp
Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB saat menyerahkan bantuan kepada sejumlah UMKM di halaman kantor Disperindag Aceh Jaya, Senin (21/12/2020) (Foto/Mahlil)

Calang | republikaceh – Pemerintah Aceh Jaya melalui Dinas Perindustrian, Perdagangan Koperasi dan Usaha Kecil Menengah (Disperindag). kembali menyalurkan bantuan bagi 10 kelompok Usaha Mikro Kecil dan Menengah (UMKM) yang ada di kabupaten tersebut.

Jenis bantuan yang diserahkan berupa mesin penepung ikan, mesin pemasak (mixer minyak), alat penyaring minyak, mesin penyaringan abon ikan, mesin peniris minyak (spiner) abon ikan, dan alat-alat perbengkelan. Penyerahan disalurkan langsung oleh Bupati Aceh Jaya, Irfan TB di halaman kantor Disperindag Kabupaten Aceh Jaya, Senin (21/12/2020)

BACA JUGA

Siti Aisyah (37), Salah satu penerima menyampaikan rasa syukur dan bangga atas bantuan diterimanya, sehingga kedepan bisa meningkatkan kelompok usahanya.

” Saya merasa senang dan gembira adanya mesin ini. Kedepan bisa lebih cepat mengolah usaha kerupuk ikan kami,” ucapnya saat ditemui disela-sela pembagian bantuan.

Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB usai penyerahan menyampaikan, penyaluran bantuan tersebut bertujuan meningkatan sekaligus penunjang usaha kelompok Industri Kecil dan Menengah (IKM) dan UMKM yang ada di kabupaten Aceh Jaya.

“Seperti kelompok produksi minyak kelapa, abon, kerupuk kerang, tepung ikan dan perbengkelan,” jelasnya.

Selain itu, lanjutnya, bantuan tidak boleh dipindah tangankan. Sebab, pihak dinas akan turun ke lapangan melihat sejauh mana perkembangan usaha penerima bantuan.

Bagi pelaku usaha yang tidak pahan teknis pengunaan mesin, kata Irfan TB, untuk menghubungi pihak dinas agar diturunkan tim penyuluhan guna menjelaskan tatacara pemakaian mesin.

“Bila tidak mengerti tatacara pemakaian, jangan disimpan begitu saja, tetapi hubungi pihak dinas, karena ini merupakan hal baru bagi pelaku usaha UMKM,” pesannya.

T. Irfan TB juga berharap bantuan yang sudah disalurkan bisa bermanfaat bagi kelompok usaha dalam meningkat produktifitas ekonominya.

“Bagi dinas juga terus lakukan berbagai inovasi untuk menunjang usaha kecil menengah di Kabupaten Aceh Jaya kedepan.” tutupnya. (Mahlil)

REKOMENDASI