Uje Siap Pimpin Baitul Mal Aceh Jaya

  • Whatsapp
Zulkifli. R alis Uje Lamno saat ditemui wartawan di Jamboe Lada Calang, Rabu malam (23/12/2020) (Foto/Mahlil)

Calang | republikaceh.net – Zulkifli. R alias Uje Lamno masuk 5 besar calon Ketua Baitul Mal Aceh Jaya usai mengikuti seleksi tahapan pertama.

Uje Lamno saat ditemui republikaceh.net, Rabu malam, (23/12/2020) di Jamboe Lada Calang membenarkan perihal tersebut. Dirinya menjelaskan, proses seleksi dilakukan oleh panitia rekrutmen ketua Baitul Mal Aceh Jaya akan memasuki tahapan kedua.

BACA JUGA

“Tahapan pertama seleksi administrasi telah selesai, besok (Kamis, 24/12/2020) tahapan kedua meliputi seleksi kecakapan (wawancara). Alhamdulillah, kita sudah selesai mengikuti tahap pertama” ujar Uje.

Menurut Uje, Baitul Mal adalah lembaga atau pihak (al-jihat) yang mempunyai tugas khusus menangani segala harta umat, baik berupa pendapatan maupun pengeluaran negara. Baitul Mal dapat juga diartikan secara fisik, sebagai tempat (al-makan) untuk menyimpan dan mengelola segala macam harta yang menjadi pendapatan negara.

Maka, lanjutnya, menjadi ketua Baitul Mal mudah namun menjalani dan mempertanggung jawabkan jabatan yang berat.

“Alhamdulillah, tentang regulasi, tata cara pengawasan, dan tata cara penggunaan serta penjabaran anggaran telah kita jalani selama menjadi anggota DPRK. Sekarang, selama menjadi anggota KKR Aceh Jaya juga telah di dukung pengalaman tata cara validasi kebenaran dan cara pemetaan masalah serta mencari solusinya” papar Uje.

Namun demikian, Uje menyadari, menjadi ketua Baitul Mal tidak cukup dengan pengalaman tersebut.

“Perlu dukungan dari semua pihak dan Alhamdulillah, hal tersebut juga telah kita konsolidasi. Sebagian telah kami dapatkan” papar Uje lagi.

Uje berharap, melalui hasil seleksi ini akan melahirkan ketua Baitul Mal yang berintegritas dan berkomitmen untuk merealisasikan setiap visi dan misi saat menduduki jabatan ketua.

“Kita siap memimpin Baitul Mal Aceh Jaya kedepannya. Terima kasih kepada semua kalangan yang telah mendukung” pungkas Uje.

Pasca meninggal dunia Kepala Baitul Mal Aceh Jaya, Tgk Kamaruddin, Kamis (28/5/2020) yang lalu, Kursi orang nomor 1 di lembaga zakat tersebut mengalami kekosongan hingga saat ini.

Sebelumnya, Bupati Aceh Jaya, T Irfan TB mewacanakan jika Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) sebagai tim seleksi calon Kepala Baitul Mal Aceh Jaya.

“Ya, ini baru wacana yang saya bicarakan secara lisan dengan ketua MPU dan prinsipnya beliau mengiyakan, tentunya juga akan kita libatkan tim pengawas Baitul Mal, Aceh Jaya” ujar Irfan TB, kepada republikaceh.net, Senin (8/6/2020) di Calang. (Mahlil)

 

 

REKOMENDASI