Pelajar SMA Aceh Diajak Uji Kemampuan pada Ajang Try Out Serentak

  • Whatsapp
Praktisi pendidikan, Dyah Erti Idawati, (Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net – Praktisi pendidikan, Dyah Erti Idawati, bekerja sama dengan Lembaga Teknos, akan melaksanakan try out online bagi siswa SMA sederajat se Aceh. Kegiatan ini memperebutkan piala bergilir Gubernur Aceh yang akan dilaksanakan serentak pada 13 Februari 2021.

“Kami mengajak kepada seluruh siswa jenjang SMA sederajat untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini. Para peserta tidak dipungut biaya sepeser pun alias gratis,” kata Dyah Erti Idawati dalam keterangan tertulis, Rabu, 10 Februari 2021.

Dyah mengatakan Lembaga Teknos dan Dinas Pendidikan Aceh, Cabang Dinas Pendidikan Aceh serta Dinas Komunikasi dan Persandian Aceh telah merampungkan seluruh persiapan untuk try out tersebut. Dyah mengatakan panitia mencatat sekitar 16.000 peserta mendaftarkan diri. Namun Dyah menyakini jumlah ini akan terus bertambah hingga pendaftaran ditutup pada 12 Februari 2021.

Dyah meminta pihak sekolah untuk memfasilitasi pendaftaran siswa untuk mengikuti try out online Sekolah Kedinasan, Polri dan Ujian Tulis Berbasis Komputer (UTBK) pada link http://to.teknosaceh.com. Pelaksanaan kegiatan ini, kata Dyah, akan menerapkan protokol kesehatan secara ketat.

“Try out ini bersifat ujicoba sebagai acuan tes aslinya dan menjadi evaluasi bagi siswa, guru dan orang tua serta pemerintah dalam upaya meningkatkan kemampuan siswa untuk bersaing dalam mengisi perguruan tinggi terbaik di Indonesia,” kata Dyah.

Sementara Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, meminta jajarannya untuk menyukseskan kegiatan tersebut. Kegiatan ini merupakan salah satu cara untuk meningkatkan mutu dan kualitas lulusan sekolah di Aceh sesuai dengan visi misi Pemerintah Aceh untuk mewujudkan “Aceh Carong”.

“Kita memiliki target lulusan SMA dapat lulus pada Perguruan Tinggi Negeri (PTN) favorit di Indonesia sedangkan untuk lulusan SMK dapat lebih banyak terserap di Dunia Usaha Dunia Industri (DUDI), kemudian lulusan PKLK agar dapat lebih banyak yang mandiri,” kata Alhudri.

Alhudri mengatakan kegiatan ini dilaksanakan untuk memberikan kesempatan kepada siswa mengetahui sejauh mana kemampuan diri. Try out ini juga menjadi kesempatan bagi siswa untuk mempersiapkan diri menghadapi tes masuk perguruan tinggi dan sekolah kedinasan. (ifr)

REKOMENDASI