Aceh Berpotensi Hujan Ringan Hingga Lebat Beberapa Hari Kedepan

  • Whatsapp
Nelayan hendak kembali dari laut lepas usai seharian mencari ikan di perairan laut Aceh Jaya Kamis (31/12/2020) (Foto/Zahlul Akbar)

Banda Aceh | republikaceh.net – Jika dilihat, di Aceh ada belokan angin sehingga terjadi perlambatan kecepatan angin khusus di udara atas.

Begitu pun juga anomali suhu permukaan laut, sehingga berpotensi terjadi hujan lebih besar karena air laut yang menguap kemudian karena ada belokan angin tadi dan pelambatan pergerakan angin sehingga menumpuk di wilayah Aceh.

BACA JUGA

Hal ini dikatakan Kasi Data dan Informasi BMKG Aceh Stasiun Blang Bintang, Zakaria Ahmad, Sabtu (2/1/2021).

“Secara umum Aceh akan berpotensi dua tiga hari ke depan terjadi hujan ringan hingga sedang. Namun untuk beberapa wilayah akan terjadi hujan sedang hingga lebat,” ujarnya.

Zakaria menjelaskan, untuk wilayah yang berpotensi terjadi hujan sedang hingga lebat antara lain Bireuen, Aceh Utara, Aceh Timur, Aceh Tamiang, Langsa, Aceh Tenggara, Bener Meriah.

“Kemudian pantai barat selatan mulai dari Aceh Barat, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya, Aceh Singkil dan Subulussalam. Untuk wilayah selain itu, akan terjadi hujan ringan hingga sedang, kecepatan angin berada antara 5 hingga 20 kilometer per jam,” ungkap Zakaria.

Pihaknya pun mengingatkan agar mewaspadai banjir di wilayah Aceh Utara, Aceh Tamiang, Aceh Timur dan Langsa, termasuk Aceh Tenggara serta Aceh Singkil.

Sedangkan untuk tinggi gelombang, lanjut dia, dua hingga tiga hari ke depan tergolong masih tinggi yang berkisar 1,25 meter sampai dengan 2,5 meter untuk wilayah penyeberangan Banda Aceh dan Sabang serta untuk wilayah Utara Timur mulai dari perairan Sigli sampai ke Aceh Tamiang.

“Kemudian untuk Barat Selatan, 1,25 meter sampai dengan 2,5 meter, mulai dari perairan Aceh Jaya sampai dengan Aceh Singkil. Sedangkan untuk Selat Malaka bagian utara kemudian sebelah utara Sabang, lalu untuk Samudera Hindia barat Aceh itu antara 2 sampai 4 meter tinggi gelombangnya,” paparnya.

“Ini sangat perlu kewaspadaan, jadi kalau menyeberang atau melaut harus membawa perlengkapan seperti pelampung atau alat keselamatan lainnya, juga alat komunikasi tentunya yang bila terjadi sesuatu lebih mudah menghubungi daratan,” tutup Zakaria. (A)

REKOMENDASI