Pelaksanaan Protokol Kesehatan Syarat Mutlak untuk Membuka Kelas Tatap Muka

  • Whatsapp
Pelaksana tugas Kepala Dinas Pendidikan Aceh, Alhudri, saat meninjau pelaksanaan pembelajaran tatap muka di SMA Negeri 1 Banda Aceh dan SMK Negeri 2 Banda Aceh, Kamis (7/1/20201) Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net – Pelaksana tugas Kepala Pendidikan Aceh, Alhudri, menegaskan pihaknya tidak akan menawar persyaratan bagi sekolah untuk menerapkan pembelajaran tatap muka. Pemerintah, kata dia, hanya memberikan izin kepada sekolah yang mematuhi persyaratan tersebut.

“Pelaksanaan protokol kesehatan di sekolah tidak bisa ditawar-tawar,” kata Alhudri di sela-sela kunjungan ke kompleks SMK Banda Aceh, Kamis, 7 Januari 2021.

Karena itu, Alhudri mengingatkan agar seluruh komponen, mulai dari pengelola sekolah, para murid, hingga orang tua murid, memastikan seluruh persyaratan ini dipenuhi. Terutama dalam melaksanakan 3 M: memakai masker, menjaga jarak antara sesama dan rajin mencuci tangan.

Hal ini, kata Alhudri, sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid 19. Terutama untuk mencegah penularan Covid-19 kepada warga yang memiliki komorbid, baik yang berasal dari kalangan guru atau orang tua murid dan keluarga mereka yang sepuh.

Tentu saja hal ini membutuhkan kedisiplinan dan kerja sama antarseluruh komponen. Alhudri mengatakan perlu kekompakan bersama dan kerelaan untuk menjalankan aturan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan yang telah ditetapkan.

Alhudri mengatakan aturan ini juga harus diterapkan di seluruh sekolah. Tidak ada pengecualian. Karena, kata Alhudri, cara terbaik untuk menekan penyebaran Covid-19 adalah dengan melaksanakan 3 M. (ifr)

REKOMENDASI