5 Ruko di Aceh Selatan Hangus Terbakar

  • Whatsapp
Kebakaran di Keude Rundeng, Aceh Selatan. Sabtu (9/1/2021) (Foto/Ist)

Tapaktuan | republikaceh.net – Sejumlah 5 ruko semi permanen di Keude Rundeng, Kecamatan Kluet Selatan, Kabupaten Aceh Selatan, Sabtu (09/01/2021) hangus terbakar.

Menurut data sementara, diduga kobaran api berasal dari hubungan arus pendek listrik.

BACA JUGA

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma S,Stp. menerangkan, kejadian tersebut terjadi sekira pukul 04.15 Wib dini hari.

“Usai menerima laporan, kita langsung mengarahkan Damkar PB 04 Kluet Utara ke lokasi untuk melakukan upaya pemadaman,” jelas kalak

Dalam kejadian ini, lanjutnya, petugas berhasil memutus rantai penyebaran api sehingga tidak meluas ke puluhan ruko lainya, setelah dikerahkan dua armada tambahan dari Pos Damkar 05 Bakongan dan satu Armada dari Pos Induk Tapaktuan, untuk meminimalisir dampak dan kerugian masyarakat.

Lebih lanjut, Cut Syazalisma mengungkapkan, penyebab kebakaran diduga akibat  hubungan arus pendek listrik, dalam kejadian tersebut tidak ada korban Jiwa namun kerugian di taksir hingga milyaran rupiah.

Sambungnya, dalam upaya penanganan bencana, baik kebakaran maupun musibah lainya diharapkan adanya sinergi antara masyarakat dan petugas, bahkan kecepatan dalam laporan adalah kunci utama dalam penanganan.

“Para petugas siaga dan siap selama 24 jam di Pos Wilayah masing-masing di bawah kontrol Pusdalops BPBD yang memastikan petugas siap melayani Masyarakat.” ujarnya

Kalak menerangkan, seperti kejadian ini, pihaknya menerima laporan tidak melalui nomor darurat yang sudah di sebar, melainkan di datangi langsung oleh masyarakat, sehingga memakan waktu dalam penanganan.

“Semakin cepat penanganan maka semakin berkurang kerugian atau dampak yang timbul ke masyarakat,” tegas kalak

Ia berharap, Pemerintah Desa dapat berinisiatif memasang nomor-nomor darurat, di beberapa titik yang di anggap perlu, sehingga bila terjadi sesuatu hal masyarakat dapat langsung memberikan informasi kepada Petugas.

Terakhir kalak juga menghimbau Masyarakat untuk terus mewaspadai kebakaran dalam kehidupan sehari hari, pastikan peralatan masak dan peralatan yang berhubungan dengan listrik aman, saat di tinggal istrahat, sehingga kejadian serupa tidak terulang kembali.

“Tahun ini kita akan menambah Mobil Pemadam Kebakaran “Water Suplay” agar semakin memudahkan upaya penanganan kebakaran, dan memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat,” tutupnya.

Atas kejadian tersebut, Bupati Aceh Selatan, Tgk. Amran turun langsung ke lokasi kejadian sekaligus menyalurkan Bantuan Masa Panik berupa sandang dan pangan kepada para Korban melalui dinas Sosial dan BPBD. (Zulfan)

REKOMENDASI