Hujan Lebat Akibatkan Banjir dan Longsor di Aceh Selatan

  • Whatsapp
Tim BPBD Aceh Selatan sedang meninjau lokasi banjir di sejumlah wilayah di Aceh Selatan, Minggu (10/01/2021)(Foto/Zulfan)

Tapaktuan | republikaceh.net– Hujan lebat yang mengguyur wilayah di Aceh Selatan sejak Jum’at (08/01/2021) sore hingga malamnya mengakibatkan terjadinya bencana banjir dan longsor di sejumlah titik di Aceh Selatan hingga tanah menutupi ruas jalan lintas desa.

Kepala Pelaksana (Kalak) Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Aceh Selatan, Cut Syazalisma S, Stp, Minggu (10/01/2021) saat dihubungi awak media menyampaikan, intensitas hujan lebat mengguyur Aceh Selatan terjadi pada Jum’at (8/1/2021)

BACA JUGA

“Ada beberapa wilayah dampak banjir seperti di Desa Lhok raya, Cot Bayu, Kapa Seusak, Kecamatan Trumon Timur dan beberapa daerah lainya di wilayah Kluet Raya. Luapan air sungai menutupi akses jalan desa hingga mengakibatkan terjadi longsor di beberapa titik,”ujarnya.

Badan jalan ditutupi tanah longsor di sejumlah wilayah di Aceh Selatan, Minggu (10/01/2021)(Foto/Zulfan)

Kalak menjelaskan, dari semalam BPBD sudah menurunkan tim untuk melakukan pemantauan situasi, pendataan dan melakukan kajian cepat potensi bahaya untuk dapat antisipasi lebih dini.

“Kita juga sudah menurunkan Alat berat Jenis Loader excavator untuk membersihkan jalan lintas Desa manggamat, Kluet Tengah yang semalam sempat tertutup longsoran tanah. Alhamdulillah, pagi ini sudah bisa kembali di lalui oleh masyarakat,” jelas kalak.

Dia menghimbau agar masyarakat berhati-hati saat memasuki musim hujan dan waspada terhadap tanah longsor saat berada di jalan pengunungan serta waspada juga banjir bandang dan ancaman bencana lain.

“Kepada masyarakat bila ada bencana di wilayah sekitar agar segera menghubungi call canter Pusdalops BPBD 0811 6783 280, karna kita berharap partisipasi masyarakat dalam Tanggap bencana sehingga langkah penanganan yang kita lakukan akan semakin cepat,” imbuh Kalak (Zulfan)

 

REKOMENDASI