Sambut HPN, Pewarta di Aceh Jaya “Bermanja” dengan Tukik

  • Whatsapp
Ketua PWI Aceh Jaya, Sa’adul Bahri (tengah) saat melepasliarakan tukik ke pantai dan sedang berupaya agar tukik tersebut bisa berjalan menuju ombak, Sabtu (6/2/2021) (Foto / Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Suasana di pos kawasan konservasi Aron Meubanja, Desa Keude Panga, Kecamatan Panga, Sabtu (6/2/2021) seketika berubah, semula sepi menjadi riuh, ketika mobil Aqya berwana putih tiba.

Mobil itu dikemudikan oleh Sa’adul Bahri. Dia adalah ketua Balai Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Aceh Jaya. Kehadirannya bersama 3 jurnalis dari Melaboh, Aceh Barat, bukan tanpa sebab. PWI Aceh Jaya menggelar pelepasan tukik (anak penyu) dalam rangka menyambut Hari Pers Nasional (HPN) ke 75 pada 9 Februari ini.

Dewan Pers menetapkan Hari Pers Nasional (HPN) dilaksanakan setiap tahun secara bergantian di ibu kota provinsi se-Indonesia. Namun adanya pandemi, pelaksanaan HPN tahun 2021 digelar secara virtual dengan mengangkat tema “Bangkit dari Pandemi, Jakarta Gerbang Pemulihan Ekonomi, Pers sebagai Akselerator Perubahan”.

Mobil yang lain bermunculan, anggota PWI Aceh Jaya hadir dengan membawa sejumlah bahan kosumsi dan spanduk bertuliskan “Pelepasan Penyu Dalam Rangka Menyambut Hari Pers Nasional ke 75 Aceh Jaya 2021” lalu dibentang sebagai tanda akan dimulainya kegiatan.

Murniadi, Ketua kelompok Konservasi Penyu Aron Meubanja sedang menjelaskan cara melepasliarkan tukik, Sabtu (6/2/2021) (Foto / Zahlul Akbar)

Forkopimda Aceh Jaya melaksanakan kegiatan tersebut, mulai dari Wakil Bupati Tgk Yusri S, Kodim Komandan 0114 / Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, M.Han, Kajari Aceh Jaya, Chandra Saptaji, Sekretaris Dinas Pendidikan, Teuku Khairullah, Kabid Pora, Dahrial Saputra, Ketua Koni Aceh Jaya, Muslim HS serta anggota DPRK setempat, Muhammadiyah Isa.

Baca juga: ; “Sang” Penyelamat Penyu, Bermula dari Muara Hingga Forum Nasional

Mereka hadir masker memakai sebagai penerapan protokol kesehatan, memutuskan mata rantai penyebaran COVID-19. Rangkaian kegiatan pun berlangsung. Sambutan demi pembukaan saat pembukaan pun berakhir. Murniadi, Ketua kelompok Konservasi Penyue Aron Meubanja dengan sigap mengeluarkan perintah.

“Kita telah tiba saatnya pelepasan tukik (anak penyu). Bagi yang berhadir diharapkan pengetahuan sembari menunggu persiapan lokasi pelepasan. Untuk selanjutnya, menunggu” “pria yang akrab disapa dengan sebutan Dedi Penyu itu di depan khalayak.

Tukik atau anak penyu jenis lekang (Lepidochelys olivacea) menuju ombak saat dilepasliarkan di pantai kawasan konservasi Aron Meubanja, Sabtu (6/2/2021) (Foto / Zahlul Akbar)

Jari-jari tergabung dalam PWI Aceh Jaya yang biasanya mengetik kata-kata menjadi berita, seketika berubah menjadi jari manja, mengelus si mungil tukik atau anak penyu jenis lekang ( Lepidochelys olivacea ) saat melepasnya ke pantai agar menuju laut lepas.

Tak jarang tim yang terdiri dari media cetak dan saling online saling senyum. Menggambarkan suasana ceria. Sesekali mereka memberikan semangat untuk tukik agar berjalan cepat menuju ombak. Bak atlit lari sedang mengikuti perlombaan menuju garis finis.

Baca juga: Jaga Kelestarian, Tukik Kembali Dilepasliarkan di Pantai Penyu Panga

Usai melepasliarkan tukik, Sa’adul Bahri, Ketua PWI Aceh Jaya mengatakan, kegiatan pelepasan anak penyu yang dilaksanakan oleh awak media merupakan kegiatan memperingati Hari Pers Nasional.

“HPN kali ini, kita juga melakukan sejumlah kegiatan lainnya, seperti doa bersama, santunan anak yatim dan mengunjungi keluarga wartawan yang telah meninggal. Kegiatanya adalah doa bersama untuk semua wartawan yang telah tiada saat melaksanakan tugas,” paparnya.

Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri S saat menjalankan kegiatan pelepasan tukik di kawasan konservasi Aron Meubanja, Sabtu (6/2/2021) (Foto / Zahlul Akbar)

Sementara itu, Wakil Bupati Aceh Jaya, Tgk Yusri, S mengungkapkan atas nama Pemerintah Daerah menyambut baik atas kegiatan pelepasan anak penyu (tukik) yang diselenggarakan oleh awak media di Aceh Jaya.

Dengan adanya rutinitas pelepasan tukik tersebut, Dia berharap bisa mengerakkan ekonomi warga dan bisa menjadi pusat wisata bagi warga yang mengunjungi Aceh Jaya.

“Adanya kegiatan di hari ini, juga telah membantu kegiatan Pemerintah Aceh Jaya. Apalagi peran media selama ini sudah banyak membantu mempublikasikan tentang Aceh Jaya, baik tentang perekonomian atau bidang pembangunan pembangunan” wakil bupati.

“Insya Allah, dengan adanya berbagai kerja keras media mempublikasikan sektor, diharapkan Aceh Jaya semakin maju dan di kenal oleh warga luar,” pungkas Tgk Yusri (Zahlul Akbar)

Komandan Kodim 0114 / Aceh Jaya Letkol Czi Arief Hidayat, M.Han dan Kajari Aceh Jaya, Chandra Saptaji saat kegiatan pelepasan tukik di kawasan konsevasi Aron Meubanja, Sabtu (6/2/2021) (Foto / Zahlul Akbar)

REKOMENDASI