Gempa Bumi Tektonik Dirasakan di Tapaktuan

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net – Gempa bumi tektonik mengguncang Tapaktuan, Senin (15/2/2021) malam sekitar pukul 21.52 WIB. Dari hasil analisa BMKG menujukkan gempa bumi ini berkekuatan M=3,7.

Kepala Stasiun Geofisika BMKG Aceh Besar, Djati Cipto Kuncoro mengatakan, episenter terletak pada koordinat 3,02 LU dan 97,44 BT atau tepatnya berlokasi di darat pada jarak 37 kilometer Tenggara Aceh Selatan pada kedalaman 5 kilometer.

“Dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, gempa bumi yang terjadi merupakan jenis gempabumi dangkal akibat aktifitas sesar lokal di wilayah Tapaktuan,” ujarnya.

Dijelaskan, guncangan gempa bumi dirasakan di Tapaktuan. Hingga kini pun belum ada laporan dampak kerusakan yang ditimbulkan akibat germpabumi tersebut.

“Hingga pukul 22:15 WIB, hasil monitoring BMKG belum menunjukkan adanya aktivitas gempa bumi susulan (aftershock). Kepada masyarakat diimbau agar tetap tenang dan tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya,” ungkapnya.

Pastikan informasi resmi hanya bersumber dari BMKG yang disebarkan melalui kanal komunikasi resmi yang telah terverifikasi (Instagram/Twitter @infoBMKG), website ( http://www.bmkg.go.id atau inatews.bmkg.go.id), atau melalui Mobile Apps (IOS dan Android): wrs-bmkg (user pemda ,pwd pemda-bmkg) atau infobmkg. (***)

REKOMENDASI