Polisi Tangkap Mobil Bermuatan Kayu Ilegal di Aceh Besar

  • Whatsapp
Polres Subulussalam mengamankan ratusan kayu ilegal di kawasan Gampong Lae Mate, Kecamatan Rundeng, Subulussalam, Kamis (21/1/2021) (foto/Ist)

Jantho | republikaceh.net – Sat Reskrim Polres Aceh Besar menangkap sebuah mobil pikap bermuatan kayu ilegal (tanpa izin atau surat resmi) di kawasan Gunung Kulu, Kecamatan Lhoong, Aceh Besar pada 27 Januari 2021 lalu.

Dalam kasus ini, diamankan dua pelaku berinisial IS (45) dan MY (31) yang merupakan warga Aceh Jaya. Selain itu, juga diamankan dua kubik kayu jenis Meranti yang diangkut oleh keduanya.

“Penangkapan dilakukan saat personel sedang berpatroli di kawasan Gunung Kulu kemudian melihat mobil pikap mencurigakan,” kata Kapolres Aceh Besar, AKBP Riki Kurniawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Zeska Julian Wijaya Kusuma, Rabu (17/2/2021).

Saat dikejar, mobil pikap tersebut lalu diberhentikan. Polisi kemudian memeriksa keduanya serta muatan kayu yang dibawa yang diketahui tak memiliki izin resmi dari pihak terkait.

“Mereka dijerat dengan Pasal 83 Ayat 1 huruf b jo Pasal 12 huruf e UU 18 Tahun 2013 tentang Pencegahan dan Pemberantasan Perusakan Hutan dengan ancaman hukuman minimal satu tahun dan maksimal lima tahun penjara dan denda paling sedikit Rp 500 juta dan paling banyak Rp 2,5 miliar,” jelasnya. (***)

REKOMENDASI