Terkena Peluru Senapan Angin, Seorang Bocah di Aceh Besar Meninggal Dunia

  • Whatsapp
(Foto/Ist)

Jantho | republikaceh.net – Seorang bocah berusia sembilan tahun berinisial YS, warga Kecamatan Seulimeum, Aceh Besar meninggal dunia usai terkena peluru senapan angin milik seorang petani berinisial Zul (39), warga yang sama pada 22 Januari 2021 lalu.

Hal ini diketahui saat konferensi pers yang digelar Sat Reskrim Polres Aceh Besar di Mapolres Aceh Besar, Rabu (17/2/2021) siang.

Kini, Zul ditetapkan sebagai tersangka karena kelalaiannya menggunakan senapan angin sesuai Pasal 359 KUHPidana jo Pasal 1 Ayat 1 UU Darurat Nomor 12 Tahun 1951 tentang Tindakan Pidana Kealpaan yang Menyebabkan Matinya Seseorang serta Penggunaan Senjata Api/Senapan Angin.

Kapolres Aceh Besar, AKBP Riki Kurniawan melalui Kasat Reskrim, Iptu Zeska Julian Wijaya Kusuma mengungkapkan, peristiwa ini berawal saat tersangka Zul melakukan uji coba senapan angin miliknya di rumah.

Saat uji coba, senapan angin miliknya pun memuntahkan peluru dan diketahui korban YS yang sedang bermain berlarian di kawasan rumahnya tiba-tiba terjatuh. Tersangka Zul pun mengira, kata Kasat, korban jatuh karena tersandung batu.

“Tersangka mendekati korban yang terjatuh untuk ditolong, diketahui saat itu korban dalam keadaan berdarah di bagian wajah,” ujar Kasat saat dikonfirmasi.

Mengetahui hal ini, korban pun langsung dibawa ke Puskesmas Lamteuba untuk mendapatkan bantuan medis. Pihak puskesmas kemudian menyarankan agar korban dibawa ke Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Zainoel Abidin Banda Aceh.

“Namun dalam perjalanan korban meninggal dunia, tersangka pun ditangkap sesuai laporan LP-A/06/I/2021/SPKT tanggal 22 Januari 2021. Dalam kasus ini diamankan barang bukti sepucuk senapan angin, beberapa helai pakaian termasuk dua buah batu bercak darah,” ungkapnya.

Tersangka Zul, sambung Kasat, terancam dihukum maksimal lima tahun atas kelalaiannya yang menyebabkan kematian seseorang serta terancam setinggi-tingginya 20 tahun atas penggunaan senjata api/senapan angin.

Untuk diketahui, senapan angin merupakan salah satu jenis senjata yang digunakan untuk kepentingan olahraga, baik menembak sasaran atau target maupun untuk berburu.

Pemilik pun dilarang untuk membawa atau menggunakan senjata di luar lokasi atau area latihan. Penyalahgunaan senjata ini dapat disanksi sesuai Pasal 1 Ayat 1 UU Darurat Tahun 1951. (***)

REKOMENDASI