Roadshow Hari Kedua di Aceh, UAS Isi Ceramah di Lhokseumawe Hingga ke Aceh Timur

  • Whatsapp
UAS sedang menyampaikan kajian subuh di Mesjid Baiturrahman Lhokseumawe, Minggu, (7/3/2021) (Foto/Zaman Huri)

Lhokseumawe | republikaceh.net – Hari ke dua berada di Aceh, Dai kondang nasional asal Provinsi Riau, Prof. Dr. Abdul Somad, LC, MA, (UAS), mengawali kegiatannya dengan kajian subuh di Mesjid Baiturrahman Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Minggu, (7/3/2021)

Amatan republikaceh.net, sebelum UAS mengisi kajian subuh di Mesjid tersebut, tampak Senator asal Aceh, H.M Fadhil Rahmi, LC memberi kata sambutan dan menyapa para jamaah.

Dalam sambutannya, Senator asal Aceh, alumni Universitas Al Azhar Cairo ini, menyampaikan rasa terimakasihnya atas sambutan yang sangat luar biasa dari masyarakat Kota Lhokseumawe.

“Mohon doanya, Insya Allah Al Mukarram Ustad Abdul Somad akan tetap melanjutkan dakwanya. Setelah dari Aceh ini akan melanjutkan perjalanan dakwah ke Ambon tanpa pulang ke Pekan Baru. Semoga Allah SWT tetap memberi kesehatan dan kekuatan kepada beliau.” papar senator.

Senator asal Aceh, H.M Fadhil Rahmi, LC memberi kata sambutan dan menyapa para jamaah kajian subuh di Mesjid Baiturrahman Lancang Garam, Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, Minggu, (7/3/2021) (Foto/Zaman Huri)

Usai Kajian Subuh, UAS melakukan pertemuan dengan Pengurus Ikatan Alumni Timur Tengah (IKAT) Kota Lhokseumawe berlangsung di Pantai Pioner Rancong Kecamatan Muara Satu, Kota Lhokseumawe.

Pertemuan yang diikuti sekitar 30 orang peserta tersebut, merupakan shering Kegiatan IKAT, membahas seputar ekonomi, sosial, pendidikan dan politik.

“Ini hanyalah shering seputar kegiatan IKAT, dan untuk melepaskan rasa rindu dengan Ustadz Abdul Somad” ujar Ketua IKAT Kota Lhokseumawe, Ustad Dedi Sukma, Lc, yang juga Kepala SD-IT Vinca Rosea, kepada republikaceh.net, di lokasi.

Pimpinan BI memperlihatkan sovenir kepada UAS (kiri) saat usai mengisi tausiah di lokasi tersebut,Minggu, (7/3/2021) (Foto/Zaman Huri)

Selanjutnya, ba’da shalat zuhur, UAS mengisi tausiah dan dialog religi di Bank Indonesia (BI) Cabang Lhokseumawe.

Baca juga: Hari Pertama Tiba di Aceh, UAS Ceramah di Utara dan Lhokseumawe

Usai mengisi acara di BI tersebut, selanjut UAS bergerak ke Dayah Tahfidzul Qur’an Imam Syafi’i Islamic Center Kota Lhokseumawe, di Jalan Medan Banda Aceh, Desa Balang Panyang, Kecamatan Muara Satu, untuk memberi motivasi kepada santri.

Kedatangan UAS di Dayah tersebut, disambut langsung oleh Ustadz Abdul Halim, LC. MA, selaku pimpinan.

UAS sedang menyampaikan tausiah di Yayasan Tabina Aceh, Desa Blang Panyang Muara Satu, Lhokseumawe, Minggu, (7/3/2021) (Foto/Zaman)

Dalam penyampaiannya, UAS berharap kepada para santri untuk giat belajar dan melanjutkan pendidikan setinggi mungkin.

Beliau memberi contoh, sebagaimana Ustad Muhammad Riza, yang pendidikan S1 di Al Azhar Cairo Mesir, S2 di Jerman serta S3 di Australia.

Baca juga: Kabar Gembira, UAS Akan Kembali Isi Ceramah di Aceh

Setelah memberi motivasi di Dayah tersebut, UAS beserta rombongan melakukan kunjungan ke Pesantren Pembinaan Narkoba, Yayasan Tabina Aceh, masih di Desa yang sama. Sekitar satu kilo meter dari Dayah Tahfidzul Qur’an Imam Syafi’i Islamic Center.

Pertemuan UAS dengan IKAT Kota Lhokseumawe di Pantai Rancong Muara Satu,Minggu (7/3/2021) (Foto/Zaman Huri)

Kunjungan UAS di sini, disambut Oleh Pimpinan Yayasan Tabina Aceh. Tgk. Muhammad Nur, dan Kepala SMK-IT Tabina, Tgk. Faisal.

Dalam kunjungannya di Yayasan Tabina Aceh, UAS menyampaikan tentang bahaya penggunaan Napza dan obat obat terlarang. Selanjutnya melakukan lonching pertama penerimaan siswa baru SMK- IT Tabina.

Usai salat magrib, UAS bergerak ke Pondok Pesantren Al-Muslimun Lhoksukon Kabupaten Aceh Utara, untuk memberi tausiah dan motivasi belajar kepada santri.

UAS saat ziarah ke makam Ulama Kharismatik Aceh, Tgk. H. Bukhari Hasan, atau akrab disapa ayah Bukhari, Pimpinan Dayah Asasul Islamiah, di Leuge Perlak, Minggu (7/3/2021) (Foto/Zaman Huri)

Selanjutnya UAS bergerak ke Kabupaten Aceh Timur, untuk melakukan ziarah ke Masjid Ba’lawi (Alm Habib Muhammad) Simpang Ulim.

Usai ziarah, rencana awal perjalanan UAS untuk bersilaturrahmi ke kediaman Ulama Kharismatik Aceh, Tgk. H Muhammad Ali (Abu Paya Pasi) di Komplek Dayah Bustanul Huda, Desa Alue Cek Doi Paya Pasi, Kecamatan Julok, Aceh Timur dibatalkan dikarenakan Abu Paya Pasie sedang tidak berada di rumah.

“Abu Paya Pasie sedang tidak di rumah, jinoe Abu teungoeh geu kaluet (Abu Paya Pasie sedang tidak di rumah, Sekarang Abu Paya Pasie sedang kalut” jelas Ustad Abdul Halim.

Selanjutnya, Perjalanan UAS dialihkan ke Perlak, untuk menziarahi makam Ulama Kharismatik Aceh, Tgk. H. Bukhari Hasan, atau akrab disapa ayah Bukhari, Pimpinan Dayah Asasul Islamiah, di Leuge Perlak. (Zaman Huri)

Berikut vidio Ustadz Abdul Somad Pimpin Doa di makam Ulama Kharismatik Aceh, Tgk. H. Bukhari Hasan:

 

REKOMENDASI