Kapal Pengangkut Material PLTU Nagan Raya Berlabuh di Pelabuhan Calang

  • Whatsapp
Kapal MV. Easy Development berbendera Hong Kong mengangkut Equipment 5.200.636 MT milik PLTU Nagan Raya saat bersandar di Pelabuhan Calang, Aceh Jaya, Selasa (9/3/2021) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Kapal MV. Easy Development berbendera Hong Kong mengankut Equipment 5.200.636 MT milik PLTU Nagan Raya bersandar di pelabuhan Calang.

Kapal tersebut berangkat dari pelabuhan Shanghai, Cina yang dinahkodai oleh Lai Jiaqing beserta 20 awak kapal tiba di pelabuhan Calang pada Senin (8/3/2021).

Syahbandar melalui Pejabat Pembuat Komitmen Pelabuhan Calang, Azwana Amru Harahap kepada republikaceh.net, Selasa (9/3/2021) di Pelabuhan mengungkapkan jika 13 orang awak kapal tersebut berkebangsaan Cina dan 8 orang berkebangsaan Myamar.

Dia menegaskan, untuk memutuskan penyebaran virus corona, awak kapal telah dilakukan pemeriksaan standar pencegahan COVID-19.

“Awak kapal bukan lagi kita lakukan rapid test melainkan telah kita lakukan antigen. Petugasnya langsung dari Melaboh dan seluruh awak kapal negatif COVID-19” ungkapnya

Amru menjelaskan jika bongkar muat di Pelabuhan Calang telah berjalan dengan lancar. Dia berharap agar kondisi tersebut terus bertahan hingga seterusnya.

“Alhamdulillah, bongkar muat dihari ini berjalan dengan lancar, semoga kondisi ini bisa bertahan hingga seterusnya” pintanya

Untuk kali ini, lanjutnya, pembongkaran dari atas kapal sampai dermaga masih dipegang oleh IOT, sedangkan PBM atas nama PT. Faizir Malahayati. Dari pelabuhan hingga tempat penumpukan dan MPG dipegang oleh Renus. Sedangkan PBMnya atas nama PT. Cargo Panga Network

“Yang jelas, kita sebagai otoritas pelabuhan mendukung kearifan lokal mengutamakan putra, putri lokal tentunya” pungkasnya (Zahlul Akbar)

 

REKOMENDASI