Kadis Pendidikan Aceh Tuntut Komitmen Pendidik untuk Tingkatkan Kualitas Murid

  • Whatsapp
Kepala Dinas Pendidikan Aceh Alhudri (topi merah) meninjau fasilitas sekolah dalam kunjungan kerja ke wilayah Aceh, Sabtu (13/3/2021). (Foto/Disdik Aceh)

Banda Aceh | republikaceh.net – Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Aceh Alhudri meminta para kepala sekolah, komite, guru dan tenaga kependidikan lainnya untuk mau bersinergi dan bekerja keras demi mewujudkan lulusan yang unggul dan memiliki daya saing.

Hal tersebut disampaikan oleh Alhudri saat melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Bener Meriah dan Aceh Tengah, Sabtu, 13 Maret 2021. Alhudri bersama rombongannya ikut meninjau beberapa sekolah berjenjang SMA sederajat yang ada di wilayah Aceh Tengah dan Bener Meriah.

BACA JUGA

Dalam kunjungannya, Alhudri menyampaikan bahwa diperlukan keikhlasan dan kesungguhan dalam bekerja sebagai tenaga pendidik. Apalagi kata dia, tugas para guru tidak mudah dalam moral dan tingkah laku peserta didik.

“Oleh karena itu diperlukan keikhlasan dan kesungguhan dalam bekerja,” ujar Alhudri.

Alhudri juga menyampaikan bahwa sekolah harus menyusun database lulusan untuk mendata siswa yang melanjutkan pendidikan maupun tidak. Untuk mengukur keberhasilan pendidikan di SMA, sekolah perlu menyusun database lulusan. Berapa banyak yang melanjutkan ke perguruan tinggi negeri, swasta atau pun tidak melanjutkan.

Khusus untuk lulusan SMK, Alhudri berharap kemampuan siswa harus selaras dengan kebutuhan industri yang ada saat ini. Jika lulusan SMK, berapa banyak yang bisa bekerja di dunia industri dan dunia kerja (IDUKA).

Dia juga mengatakan kemampuan siswa harus selaras dengan kebutuhan industri yang ada saat ini. Karena masih banyak lulusan vokasi yang hanya memahami teori namun belum memahami implementasi di dunia kerja.

Alhudri kemudian menjamin pemerintah Aceh akan terus menjembatani SMK dengan dunia industri dan dunia kerja melalui sejumlah kerja sama yang telah dan akan dilaksanakan.

Selain pelaksanaan buku kerja kepala sekolah, Alhudri bersama rombongan juga meninjau secara langsung kondisi lingkungan sekolah. Mulai dari ruang belajar, ruang guru, kantin sehat, toilet, mushalla, perpustakaan, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. (ifr)

 

REKOMENDASI