Kejari Agara Akan Limpahkan Dua Tersangka Dugaan Korupsi Ke Tipikor Banda Aceh

  • Whatsapp
Tersangka IR (50) dan DS (33) saat dibawa ke Lapas kelas II B Kutacane menggunakan mobil tahanan Kejaksaan Negeri Aceh Tenggara, Kamis (18/3/2021) (Foto / Riko)

Kutacane | republikaceh.net   – Dua tersangka dugaan korupsi dana pemilihan kepala daerah (Pilkada) Kabupaten Aceh Tenggara tahun 2017 akan dilimpahkan kepengadilan Tindak Pidana Korupsi (Tipikor) Banda Aceh.

“Insya Allah dalam waktu tidak terlalu lama berada di tempat yang ideal di masa depan, kami seera melimpahkan ke pengadilan Tipikor Banda Aceh” ujar Kepala Kejaksaan Negeri Kabupaten Aceh Tenggara, Syafullah, SH didampingi Kasi Pidsus Edwardo, SH saat menggelar Konferensi Pers, Kamis ( 18 / 03/2021) di Kantor Kejari setempat.

Dua tersangka korupsi tersebut di tahan oleh Kejaksaan Negeri (Kajari) Kabupaten Aceh Tenggara kami menerima berkas pelimpahan perkara tahap II kasus dugaan korupsi dari Polres Aceh Tenggara berserta barang bukti berupa uang tunai Rp909 juta.

Baca juga: Diduga Korupsi, Jaksa Tahan Dua Pejabat KIP Aceh Tenggara 

Kajari mengukapkan, Tersangka dengan inisial IR (50) selaku sekretaris Komisi Independen Pemilihan (KIP) atau Kuasa Pengguna Anggaran (KPA) dan tersangka DS (33) bendahara pengeluaran di kantor KIP Agara.

Sementara, uang tunai atas kerugian negara Rp.909 juta yang diserahkan langsung ke rekening Kejaksaan Negeri Kabupaten Aceh Tenggara.

Untuk sementara waktu, Terhadap kedua tersangka itu akan dititipkan ke Lapas kelas II B Kutacane , ” pungkasnya.

Sebelumnya, Polres Aceh Tenggara mengusut dugaan korupsi anggaran penyelenggaraan pilkada di daerah itu tahun anggaran 2017 bersumber dari hibah pemerintah kabupaten setempat dengan nilai Rp27,9 miliar.

Dari hasil pengusutan penyidik ​​Polres Aceh Tenggara diduga ada penyimpangan berupa tidak dibayarnya honorarium Panitia Pemungutan Suara (PPS) selama dua bulan.

Selain itu juga ada temuan dugaan anggaran tidak sesuai dengan rencana kegiatan belanja. Hasil perhitungan oleh BPKP Perwakilan Aceh, kerugian negara yang ditimbulkannya mencapai Rp909 juta. (Riko)

 

Berikut Vidio saat dua tersangka di bawa ke mobil tahanan Kejari Aceh Tenggara:

REKOMENDASI