Dua Bus Terbakar di Terminal Batoh Banda Aceh

  • Whatsapp
Bus di terminal batoh Banda Aceh terbakar, Sabtu (20/3/2021) (Foto/Ist)

Banda Aceh | republikaceh.net– Diinformasikan dua unit bus yang berada di Terminal Batoh, Banda Aceh terbakar Sabtu (20/3/2021) sore. Diduga, bus tersebut terbakar karena korsleting arus listrik dari dalam bus.

Informasi yang diperoleh dari Kanit Reskrim Polsek Banda Raya, Aiptu Firdian, dua unit bus yang terbakar adalah bus Sempati Star Scania bernomor polisi BL 7977 AA dan Double Decker bernomor polisi BL 7733 AA.

“Bus Sempati Star dua unit, Scania yang awal terbakar dari dalam bus, Double Decker yang rusak gak bisa dipindahkan sehingga turut terbakar,” ujarnya.

Saat ditanya mengenai penyebab kebakaran, hingga kini belum diketahui dan masih dalam penyelidikan lebih lanjut.

Kepala DPKP Kota Banda Aceh, Rizha melalui Kepala Seksi Pembinaan dan Pengembangan Tenaga Pemadam Kebakaran, Yudi saat dikonfirmasi mengungkapkan, berdasarkan pengakuan saksi yang merupakan teknisi, diketahui salah satu bus bernomor polisi BL 7977 AA baru tiba tadi malam dari Medan, Sumatera Utara.

“Setelah sampai pagi ini ada perbaikan di sistem elektrik pendinginan AC, namun kondisi bus tidak dihidupkan mesin,” ujarnya.

Selang beberapa saat tepatnya saat pekerja dan teknisi makan siang, tiba-tiba terlihat asap mengepul dari bus yang sedang diperbaiki tersebut.

Api pun membesar dan menjalar ke bus yang berada di sampingnya yang sedang terparkir dalam keadaan rusak atau mogok.

Para teknisi dan warga di sekitar lokasi pun panik meminta bantuan piket perhubungan menghubungi pihak pemadam kebakaran.

“Menerima informasi itu tim damkar bergerak ke lokasi dengan mengerahkan lima unit damkar atas perintah Kepala DPKP Kota Banda Aceh, Bapak Rizha,” jelasnya.

Di lokasi, petugas langsung berupaya memadamkan api yang membakar habis kedua bus tersebut. Proses pemadam api ini pun dilanjutkan dengan pendinginan agar benar-benar dipastikan tak ada api yang masih menyala.

“Proses pemadaman turut dibantu petugas PLN, Polsek Luengbata yang di back up Polresta Banda Aceh, personel Kodim, Koramil setempat, relawan ERPA dan RAPI,” katanya.

“Tidak ada korban jiwa dan penyebab kebakaran diduga dari korseleting eletrik AC bus, namun perkembangan lanjutan masih dalam penyelidikan polisi,” tambahnya. (***)

REKOMENDASI