Pemkab Aceh Jaya Gelar Lomba Gampong di Leupe

  • Whatsapp
Tim DPMPKB Aceh Jaya saat melakukan penilaian gampang yang mengikuti perlombaan, Selasa (30/3/2021) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Pemerintah Kabupaten Aceh Jaya melalui Dinas Pemberdayaan Masyarakat, Perempuan dan Keluarga Berencana (DPMPKB) Kabupaten Aceh Jaya melaksanakan kegiatan Pembinaan dan Penilaian Lomba Gampong.

Perlombaan tersebut berlangsung di Gampong Leupe, Kecamatan Jaya, Kabupaten Aceh Jaya, Senin (29/3/2021).

Kadis DPMPKB Aceh Jaya, Salbiah, menyampaikan, perlu sinergisitas antara prioritas penggunaan Dana Desa (DD) dari Kemendes PDTT dengan Program Pro-Rakyat milik Kabupaten Aceh Jaya sehingga dapat terealisasi secara optimal dan tepat sasaran.

“Seperti progam Rumah Layak Huni, Satu Gampong Satu Sarjana, SUS (Saweu Ureung Saket), Pemberdayaan Perempuan dan Pembentukan Forum Anak di gampong yang merupakan salah satu indikator kabupaten layak anak” ujar Salbiah.

Kegiatan itu, lanjutnya, bertujuan melihat tahapan dan menentukan keberhasilan perkembangan Gampong yang sudah dicapai selama kurun waktu satu tahun.

Selain itu, tambahnya, kegiatan Pembinaan dan Penilaian Lomba Gampong Tingkat Kabupaten ini juga sebagai wadah apresiasi pemerintah pusat, provinsi dan kabupaten dalam memberikan penghargaan atas prestasi pemerintahan gampong dalam meningkatkan pelayana dan kesejahteraan kepada masyarakat atas capaian kemandirian gampong.

“Sehingga, dari Gampong yang Kurang berkembang dapat menjadi Gampong yang cepat Berkembang di Kabupaten Aceh Jaya” ujarnya.

Sementara itu, Kabid Pembinaan Pemerintahan Mukim dan Gampong DPMPKB Aceh Jaya, Mike Wijaya, S.IP, menjelaskan, pelaksanaan kegiatan Pembinaan dan Penilaian Lomba Gampong Wajib melalui Aplikasi EPDesKel Kemendagri yang baru di launching di bulan Juni 2020 dan baru dilaksanakan akhir Tahun 2020.

“Sesuai petunjuk pelaksanaan dari DPMG Aceh, pemenang lomba gampong ditingkat kabupaten untuk dapat diikutsertakan dalam lomba gampong di tingkat provinsi.” ungkapnya.

Untuk tahun ini, lanjutnya, pelaksanaan kegitan lomba gampong dengan penerapan protokol kesehatan.

Mike menerangkan, peserta yang medapatkan pembinaan dan penilaian dari 9 (Sembilan) Gampong yang diusulkan oleh masing-masing kecamatan yaitu, Gampong Ceuraceu Kecamatan Pasie Raya, Gampong Tanoh Anou Kecamatan Teunom, Gampong Ladang Baro Kecamatan Panga.

Gampong Keude Krueng Sabee Kecamatan Krueng Sabee, Gampong Paya Laot Kecamatan Setia Bakti, Gampong Patek Kecamatan Darul Hikmah, Gampong Jeumpheuk Kecamatan Sampoiniet, Gampong Babah Dua Kecamatan Indra Jaya dan Gampong Leupe Kecamatan Jaya.

Ia berharap, melalui pembinaan dan penilaian lomba gampong tersebut dapat meningkatkan perkembangan gampong melalui mutu pelayanan pemerintahan gampong.

“Dengan demikian akan terhindar prasangka buruk masyarakat terhadap aparatur pemerintahan di gampong.” tutupnya (Zahlul Akbar)

REKOMENDASI