Baitul Mal Aceh Jaya Salurkan Zakat Sebesar 2,7 Miliar Untuk Fakir dan Miskin

  • Whatsapp
Tgk Munawar, Kepala Baitul Mal Aceh Jaya, Bersama Bupati Aceh Jaya, T. Irfan TB dan Kepala Dinas Sosial Aceh Jaya, Ibnu Abbas saat meyerahkan Bantuan Fakir dan Miskin di Kantor Camat Indra Jaya, Minggu (11/4/2021) (Foto/Zahlul Akbar)

Calang | republikaceh.net – Baitul Mal Aceh Jaya pada Minggu (11/4/2021) salurkan bantuan zakat untuk Fakir 927 orang dan Miskin 3.466 orang yang ada dalam kabupaten setempat.

Penyerahan tersebut berlangsung di Kecamatan Jaya, Kecamatan Indra Jaya, Kecamatan Sampoiniet, Kecamatan Setia Bakti, di Kecamatan Krueng Sabee, Kecamatan Panga, Kecamatan Pasie Raya, Kecamatan Teunom dan Kecamatan Darul Hikmah.

Usai penutupan penyerahan secara simbolis di Kantor Camat Setia Bakti, Tgk Munawar, Kepala Baitul Mal Aceh Jaya mengungkapkan, penyaluran zakat dimulai usai pelaksanaan upacara HUT ke 19 Aceh Jaya, pada sabtu 10 April hingga Minggu 11 April 2021.

Bantuan yang diserahkan itu merupakan zakat Infak, dan Sedekah (ZIS) yang berhasil dikumpulkan Baitul Mal Aceh Jaya pada tahun 2021, dan disalurkan pada triulan pertama pada tahun ini, bertepatan dengan menyambut bulan Ramadhan.

“Kita salurkan bertepatan pada hari megang dengan tujuan agar penerima dapat memanfaatkan untuk keperluan pada hari tradisi tersebut” kata Tgk Munawar yang juga lulusan Mudi Mesra Samalanga.

Dia menjelaskan, jumlah penerima zakat sanif Fakir tersebut sebanyak 927 orang dan sanif Miskin sebanyak 3.466 orang.

“Jumlah anggaran untuk dua kategori penerima zakat ini sebesar Rp. 2,7 lebih” terangnya.

Ia menjelaskan, momentum menyambut bulan Ramadhan sudah menjadi tradisi yang sangat sakral di masyarakat Aceh yaitu adanya hari meugang. Untuk itu, pihaknya berharap, bantuan tersebut dapat membantu dan meringankan beban masyarakat sehingga bisa ikut menikmati hari meugang.

“Apalagi ditengah kondisi saat ini, kita sedang menghadapi wabah covid-19 yang tentunya membuat perekonomian masyarakat sangat berdampak secara signifikan,” tutupnya. (Zahlul Akbar)

 

 

REKOMENDASI