Kementrian RI Memberi Bantuan Untuk 55 KK Korban Bencana Alam di Aceh Tenggara

  • Whatsapp
Penyerahan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) diberikan langsung oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, M. Safii Nasution, yang diwakili Pudak Bektiwidari, Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial Kementrian Sosial RI, di Oproom Bappeda, Jum’at (16/04/2021) (Foto/Ist)

Kutacane | republikaceh.net – Kementerian Sosial Republik Indonesia (Kemensos RI) menyalurkan bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) kepada korban bencana alam, banjir bandang yang menimpa 55 kepala keluarga di Kecamatan Badar Kabupaten Aceh Tenggara.

Penyerahan bantuan itu diberikan langsung oleh Direktur Perlindungan Sosial Korban Bencana Alam (PSKBA) Kemensos RI, M. Safii Nasution, yang diwakili Pudak Bektiwidari, Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial Kementrian Sosial RI, di Oproom Bappeda, Jum’at (16/04/2021)

Bantuan stimulasi sosial dengan total dana Rp1.375.000.000,-, diberikan kepada 55 kepala keluarga (KK). Setiap KK korban bencana sosial dibantu uang tunai Rp25 juta.

“Uang ini digunakan korban untuk membeli Bahan Bangunan Rumah (BBR), merenovasi rumah warga yang rusak akibat bencana,” ujar Kadis Sosial Agara Sadli, ST saat menyampaikan sambutan sekaligus laporan.

Ia juga menambahkan, puluhan KK di dua Desa Kecamatan Badar yang mendapatkan bantuan stimulan yakni Desa Natam dan Desa Natam Baru. Sistem penyaluran bantuan BBR di salurkan melalui Bank Mandiri, langsung ke rekening nama penerima bantuan.

Kasubdit Pemulihan dan Penguatan Sosial Kementrian Sosial RI, Pudak Bektiwidari, mengatakan, bantuan bagi korban bencana sosial disalurkan di dua desa, karena sebelumnya ada usulan dari Pemerintah Kabupaten Aceh Tenggara.

“Bantuan ini diberikan kepada 55 KK untuk membeli Bahan Bangunan Rumah (BBR), memperbaiki tempat tinggal mereka akibat bencana alam,” jelas Bektiwidari.

Masih di tempat yang sama, Wakil Bupati Aceh Tenggara Bukhari, sangat berterima kasih ke pihak Kemensos RI karena telah membantu korban bencana sosial di daerahnya Agara.

Menurut orang nomor dua di Agara ini, dengan adanya dana stimulan melalui program bantuan Bahan Bangunan Rumah (BBR) Kemensos ini tentunya akan sangat membantu mengembalikan motivasi masyarakat, khususnya dalam hal membangun kehidupan yang lebih baik pasca bencana, untuk itu saya atas nama Pemkab dan masyarakat Aceh Tenggara mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah turut peduli terhadap warga yang di timpa bencana.

Wakil Bupati Aceh Tenggara menambahkan, selain bantuan stimulasi dari Kemensos RI, sebelumnya Pemkab Agara juga telah membantu korban bencana alam, Bantuan berupa sandang pangan.

“Kita sangat berterima kasih dengan pemerintah pusat karena sudah memperhatikan untuk korban bencana alam di Kabupaten Aceh Tenggara,” pungkas Wabub Bukhari. (Jeni)

REKOMENDASI