Kemenag Tetapkan Besaran Zakat Fitrah di Aceh Jaya

  • Whatsapp
Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya H. Samsul Bahri, Rabu (28/4/2021) (Foto/Ist)

Calang | republikaceh.net – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya menetapkan besaran zakat fitrah yang berlaku untuk wilayah kabupaten Aceh Jaya.

Penetapan besaran zakat fitrah tahun 1442H/2021M tersebut diputuskan berdasarkan hasil rapat koordinasi dengan instansi terkait yang berlangsung di ruang meeting Kantor Kemenag setempat pada Selasa 27 April 2021 bertepatan 15 Ramadhan

Beberapa unsur yang hadir dalam musyawarah tersebut adalah Kepala Kantor Kemenag Aceh Jaya , Dinas syariat Islam, Mahkamah Syariah Calang, Setdakab, Baitul Mal , kepala seksi dan KUA dilingkungan Kemenag Kabupaten Aceh Jaya.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Aceh Jaya H. Samsul Bahri kepada republikaceh.net, Rabu (28/4/2021) menjelaskan, dengan memperhatikan fatwa Majelis Permusyawaratan Ulama (MPU) Aceh Nomor 13 Tahun 2014 tentang Zakat fitrah dan ketentuan-ketentuannya maka ditetapkan :

a. Zakat fitrah adalah kadar harta tertentu yang wajib dikeluarkan oleh setiap muslim pada akhir Ramadhan.

b. Zakat fitrah wajib dikeluarkan dalam bentuk makanan pokok daerah setempat.

c. Kadar Zakat fitrah yang dikeluarkan dalam bentuk Beras adalah 2.8 Kg /jiwa atau 10,76 kaleng susu dibulatkan menjadi 11 kok kaleng susu.

d. Adapun Zakat fitrah yang ditunaikan dengan uang berdasarkan Mazhab Hanafi dapat dikeluarkan dalam bentuk harga kurma kering, gandum sy’ir, Anggur kering dan gandum bur adalah seharga 3,8 Kg senilai Rp. 114.000,- / jiwa.

“Dalam proses pembayaran zakat fitrah hendaknya menerapkan protokol kesehatan” pungkasnya. (Zahlul Akbar)

 

REKOMENDASI