Diduga, 8 Perusahaan Bidang “Stone Crusher” di Lhoksemawe Belum Pernah Membuat Laporan UKL dan UPL 

  • Whatsapp
Kasie Teknik Perizinan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Lhokseumawe, Cut Putri Ajina, saat disambangi wartawan di ruang kerjanya, Kamis (6/5/2021) (Foto/republikaceh.net)

Lhokseumawe | republikaceh.net – Delapan perusahaan yang bergerak dalam bidang usaha pemecah batu (stone crusher) di Lhokseumawe, diduga tidak pernah membuat laporan berkala upaya pengelolaan lingkungan dan upaya pemantauan lingkungan (UKL-UPL) setiap 6 bulan sekali.

Kasie Teknik Perizinan Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Lhokseumawe, Cut Putri Ajina, saat disambangi republikaceh.net di ruang kerjanya, Kamis (6/5/2021), membenarkan perihal tersebut.

Ia menjelaskan, sebanyak delapan rekomendasi teknis tentang pengelolaan lingkungan hidup telah dikeluarkan oleh DLHK Lhokseumawe yang merupakan syarat untuk pengurusan izin usaha yang dikeluarkan oleh Dinas KP2T.

“Setelah dikelurkan rekomendasi terkait pengelolaan lingkungan hidup, mereka telah menyusun dokumen UKL – UPL namanya, bagi mereka atau bagi pelaksana usaha atau pemrakarsa wajib melaporkan setiap kegiatannya apa yang telah dilakukan kepada DLHK dalam kurun waktu 6 bulan sekali” ujarnya.

Cut menambahkan, laporan yang disampaikan adalah bagaimana ia mengelola, apa yang telah dikerjakan setelah dia melakukan usaha, apabila mempunyai dampak dia harus memperbaiki, itu harus dilaporkan ke Dinas Lingkungan hidup.

Namun hingga saat ini, perusahaan – perusahaan tersebut belum ada yang menyampaikan laporannya.

“Semenjak kami mengeluarkan rekomendasi terkait usaha stone crusher belum ada yang menyampaikan pelaporan UKL-UPL setiap 6 bulan sekali.” cetus ya.

Ia merincikan, kedelapan Perusahaan tersebut terdiri dari, CV. Rata Jaya, dengan lokasi kegiatan di jalan Elak Gampong Blang Crum Kecamatan Muara Dua, yang bergerak semenjak tahun 2010.

CV. Zikhra Jaya Gruop dengan lokasi kegiatan Jalan Line Pipa, Dusun Cot Dayah Gampong Mane Kareung Kecamatan Blang Mangat, bergerak semenjak tahun 2019.

PT. Kinston Abadi Indonesia dengan lokasi kegiatan Jalan Line Pipa Gampong Asan Kareung Kecamatan Blang Mangat.

CV. Jasa Kubina Cemerlang yang berlokasi di Jalan Elak Lorong Lhok Guci Gampong Alue Lim Kecamatan Blang Mangat, bergerak semenjak tahun 2016.

PT. Koeta Raja yang berlokasi di Jalan Elak Lorong Lhok Guci Gampong Alue Lim Kecamatan Blang Mangat, bergerak semenjak tahun 2016.

PT. Arifa Sentosa yang berlokasi di Jalan Medan-Banda Aceh No. 66 Gampong Blang Pulo Kecamatan Muara Satu, bergerak semenjak tahun 2019.

PT. Bugak Brawang Cemerlang, yang berlokasi di Jalan Elak Gampong Alue Lim Kecamatan Blang Mangat, bergerak semenjak 2020.

CV. Lairisa Jaya jalan line Pipa Dusun Lhok Drien Gampong Asan Kareung Kecamatan Blang Mangat, bergerak semenjak 2020. (Redaksi)

REKOMENDASI